pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Ekonomi & Bisnis

BRI Lewat Pesta Rakyat Simpedes Ajak UMKM “Pede Raih Peluang”

77
×

BRI Lewat Pesta Rakyat Simpedes Ajak UMKM “Pede Raih Peluang”

Sebarkan artikel ini
Pesta Rakyat Simpedes (PRS) kembali hadir di Stadion Siliwangi, Bandung pada tanggal 22-23 Juli 2023
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Terus mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat terus mengembangkan pangsa pasarnya, Pesta Rakyat Simpedes (PRS) kembali hadir di Stadion Siliwangi, Bandung pada tanggal 22-23 Juli 2023. Gelaran tahunan yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tersebut dipersembahkan oleh Tabungan BRI Simpedes dengan mengusung tema “Pede Raih Peluang”.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, perseroan berkomitmen untuk mengajak seluruh UMKM semakin pede meraih peluang mendapatkan segala lini bisnis dan menjadi pemenang di masa depan. “Melalui penyelenggaraan PRS ini, diharapkan mampu mengedukasi dan sosialisasi yang intens kepada para pengunjung dan UMKM untuk menggerakan perekonomian nasional,” ujarnya.

Adapun kegiatan partisipasi UMKM dilakukan melalui grebek pasar yang diharapkan bisa menarik pengunjung lebih banyak lagi. Harapannya literasi digital yang dilakukan dengan lebih masif, terutama melalui penggunaan QRIS dapat mendorong jangkauan bisnis UMKM yang semakin meluas.

Gerakan literasi digital menyasar 12 pasar tradisional Kota Bandung atau disebut grebek pasar, yakni Pasar Ciroyom, Pasar Kosambi, Pasar Cihapit, Pasar Sadang Serang, Pasar Induk Gedebage, Pasar Ujungberung, Pasar Kiaracondong, Pasar Kembar Mas, Pasar Sederhana, Pasar Panorama Lembang, Pasar Sayati, dan Pasar Induk Caringin.

Selama ini, BRI concern menyelenggarakan pemberdayaan UMKM, dukungannya berupa edukasi, pendampingan, dan branding serta promosi. Adapun langkah nyata BRI dalam mendukung UMKM di pasar salah satunya adalah melalui pengembangan ekosistem pasar secara digital lewat pasar.id. Kehadiran ekosistem pasar.id ini membantu banyak pedagang tradisional yang diberdayakan dan jumlah pasar tradisional yang terdigitalisasi kian bertambah. Dengan adanya pasar.id, pedagang pasar tetap dapat berjualan secara daring, dan barang dagangannya dapat diserap oleh konsumen melalui belanja online.

Dalam PRS kali ini, BRI pun membawa program enam pilar utama. Pertama, Pilar Pawai yang memberikan sarana literasi digital kepada para pelaku UMKM melalui penggunaan BRImo beserta fitur – fiturnya. Pawai juga dilengkapi dengan adanya kemeriahan karnaval seni dan budaya.

Kedua, Pasar bazaar UMKM unggulan binaan BRI di Kota Bandung yang akan menampilkan berbagai macam produk UMKM dengan beberapa kategori yaitu Food & Beverages, Fashion, Craft dan semua transaksi pembelian produk UMKM yang wajib menggunakan BRImo dan QRIS.

Ketiga, Panen yang merupakan acara undian hadiah Simpedes untuk pengunjung dan pelaku UMKM, serta simbolis penyerahan hadiah program Panen Hadiah Simpedes. Keempat, Pojok X’Sis adalah spot menarik untuk pengunjung beraktivitas dan menikmati keseruan PRS melalui photobox, kelas UMKM, pasar malam, kompetisi,game edukasi keuangan digital dan masih banyak lagi.

Kelima, Peduli sebagai bentuk kepedulian BRI untuk masyarakat sekitar dengan menyediakan layanan cek kesehatan gratis, program donor darah, tebus sembako murah, dan penukaran botol atau sampah plastik yang dapat ditukarkan dengan voucer ratusan ribu rupiah, serta face painting dan nail art yang dapat dinikmati oleh pengunjung secara gratis.

Keenam, Panggung yang dimeriahkan oleh deretan artis tanah air dan lokal, yakni Dewa 19 feat Virzha, Maliq & D’essentials, Feby Putri, dan Raissa Anggiani.  

Sebagai informasi, pembelian tiket Pesta Rakyat Simpedes 2023 bisa dilakukan melalui website www.pestarakyatsimpedes.com dan bagi yang tidak sempat membeli tiket secara online tersedia juga pembelian secara langsung di lokasi acara (on the spot) dengan scan QRIS hanya senilai Rp1,- menggunakan BRImo.

Namun, bagi pengunjung yang belum memiliki aplikasi BRImo, dapat mengunduh aplikasi dan menuju area registrasi untuk dapat dibantu dalam melakukan registrasi aplikasi BRImo. Pesta Rakyat Simpedes BRI 2023 akan berlangsung selama bulan Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia.

Acara ini akan diselenggarakan secara langsung melalui kanal Youtube BRI dan siaran televisi nasional. Kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya kebangkitan sektor UMKM di Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2023 dapat diakses melalui instagram @bankbri_id atau website bbri.id/PRS2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *