pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Berikut 10 Institusi dan Pelaku Usaha yang Terima Penghargaan Patriana Award 2023

61
×

Berikut 10 Institusi dan Pelaku Usaha yang Terima Penghargaan Patriana Award 2023

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu menyerahkan piagam penghargaan Patriana Award 2023
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu menyerahkan piagam penghargaan Patriana Award 2023 Tingkat Provinsi Kep. Babel, yang berlangsung di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur kep. Babel, Senin (12/6/2023).

Piagam Patriana Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh presiden dan diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan pelaku usaha yang berskala besar, menengah, usaha sektor layanan publik, dan usaha mikro yang mendukung penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pj Suganda mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan Paritrana Award 2023 Tingkat Provinsi. Ia juga mengharapkan setiap stakeholder dapat memacu motivasi untuk lebih maju, berprestasi, dan meningkat dalam memberikan perlindungan bagi para pekerja di Kep. Babel.

Sebab, katanya, jaminan BPJS Ketenagakerjaan dirasa penting bagi pekerja, karena perlindungan ini dapat meningkatkan rasa aman bagi keluarga pekerja, juga memberikan kepastian keberlangsungan ekonomi apabila terjadi risiko yang tidak diinginkan.

“Selama ini jaminan sosial ketenagakerjaan masih identik bagi pekerja formal, namun kini jaminan sosial ketenagakerjaan telah mampu menjangkau pekerja rentan melalui pemerintah daerah, dan badan usaha,” kata Pj Suganda.

Orang nomor satu di Babel ini menyayangkan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Kep. Babel masih rendah (Sebesar 31,34 persen). Untuk itu, dirinya meminta kepada kabupaten/kota di Kep. Babel, serta pemangku kepentingan untuk bersama-sama meningkatkan angka coverage ini.

Ia juga mendukung inisiatif BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan gerakan nasional perlindungan pekerja rentan, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan secara nasional, sehingga pekerja rentan di setiap daerah tidak berjalan sendiri, tetapi bekerja sama dengan pemangku kepentingan saat dibutuhkan.

“Hal ini dengan implementasi Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pengurangan Beban Pengeluaran Masyarakat Melalui Pemberian Bantuan Sosial dan Jaminan Sosial, Santunan, dan Beasiswa Bagi Anak Ahli Waris Tingkat Pendidikan,” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga, Pj Suganda meminta kepada pemangku kepentingan untuk berpartisipasi aktif dalam penguatan program jaminan sosial ketenagakerjaan, sehingga gerakan nasional perlindungan pekerja rentan di Kep. Babel terwujud 100 persen universal coverage.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kep. Babel Abdul Shoheh mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada pemerintah kabupaten/kota, perusahaan skala besar dan menengah, usaha mikro, yang peduli akan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Harapannya, dengan adanya ini pemerintah kabupaten/kota berusaha terus meningkatkan perlindungan bagi pekerjanya mulai dari pekerja aktif, pekerja harian mereka bisa berikan kepedulian dalam bentuk jasanya, selama ini dalam bentuk fisik. Dengan Paritrana ini mereka juga dapat memberikan perlindungan dalam bentuk sosial bagi masyarakat kurang mampu yang tidak mampu disekitarnya,” ujarnya.

Adapun pemenang Patriana Award Tingkat Provinsi sebagai berikut:

Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota:
1. Bangka Selatan
2. Bangka Tengah
3. Pangkalpinang

Kategori Perusahaan Skala Besar
– PT. Timah Tbk

Kategori Usaha Skala Menengah
1. PT. Tata Hamparan Eka Persada
2. PT BPRS Babel

Kategori Pelayanan Publik
1. Famon Medika Pangkalpinang
2. Siloam Internasional Hospital
3. ISBA Atma Luhur

Kategori Usaha Mikro
– Warung Ayam Goreng Jabrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *