oleh

Bentengi Pendidik untuk Lebih Aman Menggunakan Internet

Palembang | Media sosial memiliki peranan penting di era digitalisasi saat ini. Media sosial menjadi alat bagi seseorang untuk melakukan komunikasi jarak jauh, saling berinteraksi antar pengguna, dan mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus dengan menggunakan jaringan internet. Tujuannya adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

Tren digitalisasi telah mempengaruhi sendi-sendi kehidupan, mengubah pola transaksi masyarakat dan mendisrupsi fungsi-fungsi konvensional. Pentingnya membentuk kesadaran kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan keamanan siber, seperti platform media sosial, internet banking dan lain sebagainya. Oleh karena itu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melaksanakan kegiatan dengan tema “Peran sekolah dalam membentuk budaya kesadaran keamanan siber”. Acara dilaksanakan pada hari Kamis, 18 November 2021 di Ballroom hotel The 101 Rajawali, Kota Palembang.

Rinaldy S.Sos.,M.T.I Direktur Operasi keamanan dan Pengendalian Informasi, BSSN mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan BSSN melalui Direktorat Operasi Keamanan dan Pengendalian Informasi. Kegiatan ini dinamakan Dalinfo Goes To School karena yang menjadi peserta adalah perwakilan dari tenaga pendidik dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

“Kami merangkul semua entitas dalam hal ini pihak sekolah sehingga mereka bisa menularkan ke anak-anak didiknya dan pendidik itu sendiri. Jadi kami memang sengaja merangkul agar bisa sama sama menciptakan dunia internet yang sehat di Indonesia, dan itu adalah salah satu tugas BSSN terkait dengan literasi digital dan budaya pengamanan informasi” ujarnya.

DGTS Sendiri sudah masuk di 7 Kabupaten/kota di Indonesia dan yang terakhir itu di Palangkaraya, sekarang di Palembang.

“Jadi memang agendanya provinsi kabupaten/kota, jadi mungkin saja setelah kita melihat antusias peserta disini perwakilan dari SMA sederajat , dan bukan hanya untuk anak SMA kita juga pernah melaksanakan kegiatan untuk lanjut usia, tenaga pendidik, SMP, dan Universitas. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2018 dan macet pada tahun 2020 dikarenakan pandemi dan keterbatasan. Ditambah lagi usia yang aktif pengguna internet dan media sosial adalah anak-anak sekolah oleh karena itu BSSN Lebih gencar ke dunia pendidikan dibandingkan yang lain” tutupnya. (Mirna)

Komentar

Berita Lainnya