oleh

Bawaslu Undang Kades, Sosialisasikan Pengawasan Pilkada 2020

TOBOALI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mensosialisasikan pengawasan Pilkada kepada para Kades yang ada di daerah ini, Selasa (17/11). Dalam kesempatan itu juga digelar penandatanganan Piagam Apdesi.

Ketua Bawaslu Basel Sahirin menyebut bahwa kegiatan ini memang telah lama dicanangkan oleh pihaknya sebagai output daripada penandatanganan MoU bersama Apdesi yang telah dilakukan pada bulan Maret tahun 2020 lalu.

“Memang telah lama direncanakan tapi baru sekarang digelar. Dengan melibatkan para kades se Basel kami berharap agar pemilihan kepala daerah dapat berjalan aman, damai dan sejuk serta dapat menjaga situasi yang kamtibmas diwilayahnya,” ujar Sahirin.

Sahirin bilang, sosialisasi ini bertujuan agar kualitas demokrasi semakin baik dan positif sehingga kades perlu didorong agar dapat menjaga marwah demokrasi serta menjadi garda terdepan dalam pengawasan Pilkada 2020.

“Kades dituntut untuk independen dan dapat memahami perannya dalam Pilkada 2020 sehingga pada kegiatan ini dilakukan pula penandatanganan Piagam Apdesi yang berisikan kesiapan lades dalam mengawal pilkada 2020,” lanjut Sahirin.

Selain sosialisasi, Bawaslu Basel juga akan melaunching posko pengawasan terpadu yang akan dilakukan pada Sabtu (21/11) mendatang di Desa Pangkalbuluh. Namun setia desa nanti juga akan dibentuk posko yang sama.

“Posko pengawasan ini nanti kami bentuk di setiap desa dan kelurahan dengan tujuan adalah bentuk upaya pencegahan yang dilakukan oleh Bawaslu dalam menciptakan pilkada yang aman, damai, sejuk dan sehat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Basel A Basahir mengimbau agar seluruh Kades agar dapat menjaga netralitasnya dalam pesta demokrasi lima tahunan ini tahun 2020 ini.

“Saya selaku ketua APDESI Bangka Selatan sangat berharap agar seluruh kepala desa juga netral dalam Pilkada 2020 ini, karena sebagaimana kita ketahui ujung tombak pemerintahan di desa adalah kepala desa itu sendiri,” jelas A Basahir.(Devi)

Komentar

Berita Lainnya