pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Bawaslu Basel Gelar Rapat Kerja Teknis untuk Optimalisasi Pengawasan Coklit Pilkada 2024

46
×

Bawaslu Basel Gelar Rapat Kerja Teknis untuk Optimalisasi Pengawasan Coklit Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan menggelar Rapat Kerja Teknis mengenai Optimalisasi Pengawasan Coklit (Pemutakhiran Data Pemilih) untuk Pilkada tahun 2024.

Acara yang mengusung tema “Membangun Sinergi dan Integritas dalam Pemutakhiran Data Pemilih” berlangsung di Kantor Bawaslu Bangka Selatan, Rabu (10/07/2024).

Rapat ini bertujuan meningkatkan kualitas dan integritas proses pemutakhiran data pemilih, guna memastikan Pilkada 2024 berjalan lancar dan transparan. Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi Bawaslu untuk memastikan keakuratan data pemilih.

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Bangka Selatan,Sabihis menekankan pentingnya akurasi data pemilih sebagai hal mendasar bagi integritas Pilkada 2024.

“Melalui rapat ini, kami bertujuan memperkuat mekanisme pengawasan kami dan mendorong sinergi yang lebih besar di antara pemangku kepentingan dalam proses Coklit,” ujar Sabihis.

Ia juga menyampaikan harapannya agar jajaran Panwaslu Kecamatan dapat memaksimalkan Alat Kerja Pengawasan dalam proses pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian yang dilakukan oleh Pantarlih.

“Jajaran Panwaslu Kecamatan diharapkan dapat memberikan rekomendasi hasil penelusuran Panwascam sebagai dasar dalam menyampaikan saran perbaikan kepada PPK Kecamatan,” tambahnya.

Selain itu, Sabihis menegaskan komitmen Bawaslu untuk selalu mengawal proses tahapan pemutakhiran data pemilih dan mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam mengawasi, mengamati, serta melaporkan kepada penyelenggara jika sudah memiliki hak pilih namun belum tercoklit.

“Sampaikan kepada jajaran Bawaslu di tingkat Kecamatan, Kelurahan, dan Desa melalui hotline di posko pengawasan yang telah kami sebarkan di Kelurahan/Desa se-Kabupaten Bangka Selatan,” tegas Sabihis.

Dengan adanya rapat ini, diharapkan sinergi antara Bawaslu, Panwaslu Kecamatan, dan masyarakat semakin kuat, sehingga proses pemutakhiran data pemilih dapat berjalan lebih optimal dan transparan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *