oleh

Bawaslu Basel Gelar Diskusi dengan Pimpinan Parpol dan LO Independen

TOBOALI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Selatan (Basel) gelar diskusi terfokus terkait teknis pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati menjelang Pilkada serentak tahun 2020 di kantor Bawaslu Basel, Selasa (25/8/2020) malam.

Kegiatan yang dipimpin langsung Ketua Bawaslu Basel, Sahirin ini menghadirkan 3 orang narasumber diantaranya Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Azhari, Komisioner Divisi Penyelenggara Teknis KPU Budi Wardoyo dan Kepala Kesbangpol Doni.

Untuk para peserta sendiri, Bawaslu Basel menghadirkan para ketua partai politik, liaison officer (LO) pasangan calon perseorangan (independen), Kaposbinda Basel dan perwakilan dari Kelompok Kerja Jurnalis Bangka Selatan.

Ketua Bawaslu Basel Sahirin mengatakan, kegiatan tersebut digelar lantaran 10 hari kedepan telah memasuki masa pendaftaran calon peserta pilkada. Yang akan dilaksanakan dari tanggal 4-6 September 2020.

“Agenda memang padat, karena tanggal 7 sudah pemeriksaan kesehatan. Jadi kegiatan ini harus digelar. Fokusnya memang terkait teknis pasangan calon. Ini perlu dibahas untuk mencegah kepada peserta pemilu,” ujar Ketua Bawaslu Basel Sahirin.

Sahirin mengimbau, kepada penyelenggara pemilu seperti KPU, peserta pemilu, parpol dan LO agar sesering mungkin koordinasi dengan hard disk pencalonan di KPU agar tidak ada kesalahan di saat pencalonan. Karena waktu tidak banyak lagi.

“Untuk agenda syarat perbaikan hanya melengkapi saja. Harus asa semua misal surat pengunduran diri di awal kalau memang ada calon yang berasal dari ASN, DPRD, TNI dan Polri itu memang sudah ada proses surat pengunduran diri dari instansi di atasnya,” ujarnya.

Sahirin berharap dengan adanya sosialisasi tersebut tidak ada kendala dalam proses pendaftaran calon peserta. Apalagi di masa pandemi, segala proses yang harus dilalui dalam semua tahapan pilkada cukup terhambat. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya