oleh

Babel Siap Terima Kunjungan Menteri PPN/ Bappenas

PANGKAL PINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) lakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan Menteri PPN/ Bappenas Republik Indonesia, Suharso Monoarfa ke Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 1 September 2020 besok.

Menteri Suharso bersama sejumlah perangkat Kementerian PPN/ Bappenas RI dijadwalkan berada di Bangka Belitung dari tanggal 1-6 September 2020. Kedatangan Menteri Suharso kali ini didampingi juga oleh sang istri yang sekaligus adalah Ketua Komisi V DPR RI.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dalam persiapannya menginstruksikan langsung kepada Sekretaris Daerah, Naziarto untuk melaksanakan rapat koordinasi bersama beberapa OPD yang terlibat dalam kunjungan menteri ini.

“Instruksi langsung dari gubernur kepada saya, untuk lakukan rapat koordinasi bersama hari ini,” ungkapnya saat membuka rapat persiapan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Romodong Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin (31/8/2020).

OPD yang dilibatkan dalam kunjungan Menteri PPN/ Bappenas diantaranya bappeda, dinas pariwisata, dinas ESDM, dinas lingkungan hidup, dinas kesehatan, dinas kehutanan, dinas PUPR, dinas pertanian, dan dinas pendidikan.

Menurut Naziarto, Gubernur Erzaldi meminta agar beberapa OPD terkait mempersiapkan kehadiran Menteri PPN/ Bappenas RI secara teknis sesuai sektor masing-masing. Selain itu juga menegaskan untuk memberi nuansa baru di hadapan Menteri Suharso, agar ke depan, Babel mendapat dukungan dari Kementerian PPN/ Bappenas RI.

Berdasarkan acara, Gubernur Erzaldi beserta Istri akan terbang dari Jakarta ke Pulau Belitung pada Selasa (1/9/20) dan akan mendampingi semua agenda Menteri Suharso dan istri hingga meninggalkan Pulau Belitung pada 6 September 2020.

Kepala Bappeda Babel, menjelaskan dalam rapat persiapan bahwa paparan gubernur telah disiapkan oleh pihaknya. Paparan berisi tentang rangkuman yang termasuk juga beberapa program strategi Babel untuk dipresentasikan oleh Gubernur Erzaldi dalam agenda pada tanggal 4 September 2020.

Paparan berisi Selayang Pandang Babel dan Evaluasi RPJM program nasional tentang Kawasan KEK Tanjung Kelayang, kawasan industri syariah, geopark global, KPPN Sungailiat – Pangkalpinang, dan transformasi dari sektor tambang ke nontambang.

“Paparan akan dibuat sebaik mungkin karena dihadiri juga oleh para deputi. Kesiapan ini menjadi tanggung jawab kami di bappeda. Kelengkapan isi paparan dari OPD-OPD masih kami tunggu hingga hari ini,” ungkap Kepala Bappeda, Fery Insani.

“Segera sampaikan kepada bappeda untuk materi paparan ini, agar dapat dirangkum dengan singkat dan diolah menjadi paparan yang menarik dan informatif,” lanjut Sekda Naziarto.

Tiap OPD selain mendukung data paparan juga secara teknis diminta untuk menyiapkan secara detail kondisi tiap titik kunjungan agar mampu mewakili pembuktian lapangan tentang berjalannya program-program di Babel mengingat sangat berpengaruh pada dukungan anggaran pada tahun-tahun mendatang.

Dalam rapat ini, Sekda Naziarto juga menegaskan agar kepala OPD terkait untuk dapat mendampingi Gubernur Erzaldi di Pulau Belitung. Untuk agenda kunjungan perangkat Kementerian PPN/ Bappenas RI di Pulau Bangka, disiapkan eselon IIi tiap OPD untuk mendampingi selama agenda berlangsung. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya