oleh

Api Membara, Hanguskan Puluhan Rumah di Lahat

LAHAT – Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi akibat kebakaran hebat di kawasan pasar bawah, gang Lurah, Kelurahan Lasar Bawah, Kecamatan Lahat  sekitar pukul 15.00 WIB, Minggu (4/10/2020).

Informasi yang dihimpun, angin yang kencang dan cuaca panas membuat api semakin membesar. Belum diketahui dengan jelas penyebab kebakaran. Namun sebelumnya api berawal dari dapur rumah wangga. Lalu dalam kurun waktu satu jam, api dengan cepat membakar rumah yang berada di kawasan padat pemukiman tersebut.

“Kejadiannya sekitar pukul tiga sore. Di RT 3 dan RT 4 kejadiannya. Api cepat membesar,” ujar Romlah warga pasar bawah.

Sementara Tirta, warga setempat lainnya mengungkapkan untuk kepala keluarga yang mengungsi mungkin puluhan. Sementara untuk rumah yang terbakar bisa 20 rumah lebih. “Untuk korban belum tahu berapa banyak. Begitupun yang mengalami luka- luka,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA langsung mendatangi lokasi kejadian. Pihaknya segera membangun dapur umum serta obatan- obatan yang berada tak jauh dari lokasi kebakaran. “Kita buat posko pengungsian untuk sementara. Sekaligus membuat dapur umum dan menyediakan obat- obatan serta mendata jumlah korban,” ungkap Haryanto didampingi Kadis Pol PP, H Pauzan Khoiri.

Lalu Kapolres Lahat AKBP Ahmad Gusti Hartono melalui Kapolsek Kota Lahat AKP Irsan Rumsi menambahkan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. “Untuk kerugian juga belumbbisa ditaksir,” tegansya. (sfr)

Komentar

Berita Lainnya