oleh

Antisipasi Bencana Alam, Kabupaten OKI Siapkan Kampung Siaga Bencana

Penyerahan bantuan mobil dapur umum dari Kementerian Sosial untuk Pemkab.OKI
Penyerahan bantuan mobil dapur umum dari Kementerian Sosial untuk Pemkab.OKI

KAYUAGUNG I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Kementerian Sosial (Kemensos), menyiapkan kampung siaga bencana.

Bupati OKI, Iskandar mengatakan, Desa Pangkalan Lampam, Kecamatan Pangkalan Lampam, dijadikan sebagai kampung siaga bencana (KSB). Alasannya, kawasan strategis dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Air Sugihan dan Tulung Selapan, wilayah rawan bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Untuk mengantisipasi bencana alam di Bumi Bende Seguguk, kita siapkan KSB di Desa Pangkalan Lampam, Kecamatan Pangkalan Lampam. Kami berharap, dengan diresmikannya KSB ini dapat menumbuhkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap setiap bencana yang mungkin melanda Kabupaten OKI,” kata Bupati, Jumat (4/12/2015).

Iskandar berkomitmen, Pemkab OKI melalui dinas terkait akan terus berupaya sedini mungkin mengantisipasi terjadi bencana. Bisa saja terjadi pada setiap musim hujan, apalagi kemarau.

Sementara itu, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, Margowiyono mengatakan, pihaknya berharap Pemkab OKI dapat menyiapkan kampung siaga tersebut pada setiap Kecamatan.

“Besar harapan saya di setiap Kecamatan di wilayah Kabupaten OKI memiliki KSB. Ini sangat bagus untuk memberikan perlindungan, pemahaman dan kesadaran pada masyarakat serta meningkatkan kesiagaan masyarakat terhadap bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” ujarnya. (Romi Maradona)

Komentar

Berita Lainnya