pemkab muba pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Amankan Mudik, Polres OKI Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

43
×

Amankan Mudik, Polres OKI Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

OKI – Didampingi Pj. Sekretaris Daerah (Sekda), Kapolres OKI pimpin apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Ketupat 2024, dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah, bertempat halaman Polres OKI, Rabu (3/4/2024) sore.

Apel gelar pasukan diisi dengan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolres OKI Hendrawan, bahwa TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2024 yang melibatkan 155.165 personel selama 13 hari, dari tanggal 4 sampai 16 April 2024.

Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret sampai 3 April 2024, dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 sampai 23 April 2024.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” ujar Hendrawan.

Ia melanjutkan, bahwa Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan surat keputusan bersama tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan lebaran.

“SKB tersebut berisi pengaturan operasional angkutan barang, sistem one way dan contra flow, penerapan ganjil genap, ketentuan penyeberangan, delaying system dan buffer zone hingga penundaan proyek konstruksi,” tambah dia.

Sementara itu, Pj. Sekda OKI M. Refly MS menyampaikan urgensi menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik dan balik tahun ini, mengacu pada survei kepuasan masyarakat serta estimasi pergerakan masyarakat yang signifikan oleh Kemenhub RI.

“Kita sangat mengapresiasi seluruh personel gabungan yang bertugas untuk kelancaran arus mudik dan balik. Pada prinsipnya, pemerintah dan seluruh stakeholder berupaya memberikan pelayanan terbaik yang optimal untuk masyarakat,” kata Refly.

Ia berharap agar seluruh petugas bisa bekerja dengan maksimal dan masyarakat bisa mudik dengan aman dan tenang.

Gelar pasukan Operasi Ketupat 2024 selain diikuti pasukan dari kepolisian, ada juga dari TNI, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan serta mitra kamtibmas. (Jang Mat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *