oleh

Ajak Masyarakat Sukseskan Kampung KB

KBEMPAT LAWANG I  Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan mengajak kepada masyarakat yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati untuk mensukseskan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB).

Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah menuturkan, Program Keluarga Berencana (KB)  berdampak menekan pertumbuhan penduduk secara signifikan, juga berdampak pada pembangunan manusia Indonesia secara utuh, keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia  dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik.

“Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  merupakan kunci utama untuk keberhasilan suatu bangsa ,dengan kualitas SDM yang cerdas serta pencapaian jumlah penduduk yang tidak membludak kita bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan benar. Diharapkannya dengan terselenggaranya acara ini, manfaatnya bisa di rasakan langsung terutama bagi masayarakat yang kurang mampu (Miskin),Lansia,dan anak-anak,” kata Syahril saat Pencanangan Kampung KB di Dusun Baturaja Baru, Rabu (13/4).

Selaras diungkap Kepala Badan BKKBN Empat Lawang, Sulni SH, di 2016 ini Program Keluarga Berencana (KB) akan terus digalakkan dan dilaksanakan secara konsisten di seluruh wilayah di Empat Lawang dengan mewujudkan Kampung KB karena BKKBN akan menargetkan setiap  Kecamatan harus terdapat 1 Kampung KB guna mewujudkan Visi Empat Lawang “2 anak Cukup “ tahun 2016.

“Guna mewujudkan visi Kabupaten Empat Lawang “2 anak cukup”, Saya targetkan 1 kecamatan 1 kampung KB di Kabupaten Empat Lawang , dan telah kami usulkan pada anggaran tahun 2016-2017 serta data-data kecamatan yang di tuju sudah lengkap ,”ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa Kabupaten Empat Lawang  telah melaksanakan kegiatan pelayanan KB Medis Operasi Wanita (MOW), Medis Operasi Pria (MOP) dan Implant. “Kita harus merencanakan keluarga kita, tinggalkan pradigma bahwa banyak anak banyak rezeki, anak tidak perlu banyak yang penting berkualitas dan berkarakter,” Pesannya

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Sumatera Selatan, Drs Ari Budi dia  menjelaskan, Kampung KB merupakan salah satu program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa Indonesia. “Dengan adanya Kampung KB, program KB diharapkan akan dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat terutama yang berada di desa-desa, dusun-dusun, wilayah padat penduduk, wilayah miskin di seluruh Indonesia. Pelaksanaan program KB sekarang lebih difokuskan pada masyarakat tidak mampu dan tidak punya akses terhadap fasilitas kesehatan,” lanjutnya.(Ridi)

Komentar

Berita Lainnya