oleh

AIESEC in UNSRI Gelar Webinar untuk Wujudkan Kecemerlangan Berkarir

PALEMBANG – Memiliki karir cemerlang menjadi impian bagi semua orang. Namun membangun karir dari awal menjadi sebuah tantangan yang cukup sulit.

Untuk mencapai kesuksesan ini, diperlukan persiapan yang matang dan adaptasi dengan dunia kerja yang baru. Tantangan dalam memulai karir paling umum dirasakan oleh mereka para fresh graduates.

Namun ada beberapa hal yang dapat membantu dalam memulai karir dari awal, yaitu dengan menemukan passion, skill, dan mempersiapkan cv dan interview dengan baik.

Melalui Youthnificant 2.0 yang mengangkat tema “How to Create Your Career Path” diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjuran, kesempatan kerja yang produktif, dan menyeluruh di Kota Palembang. AIESEC sebagai organisasi kepemudaan, ingin membantu untuk mempersiapkan jenjang karir bagi pemuda dengan mengikuti acara webinar Youthnificant 2.0 ini. Webinar ini diharapkan dapat membantu para pemuda yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Sasaran utama dari Youthnificant 2.0 ini adalah mahasiswa dan freshgraduates.

Pada webinar kali ini, AIESEC in UNSRI mengundang tiga pembicara yang sangat ahli dan berpengalaman dibidangnya. Pembicara pertama Novi Rismanto yang merupakan Chief Excutive Officer atau CEO Glow Communication Indonesia sekaligus founder dari Bicara Terus Terang dan Tangan Emas MuslimPreneur. Pada Webinar Youthnificant 2.0 Novi Rismanto mengisi sesi pertama dengan sub-tema “How To Determine Your Dream Job”.

Novi Rismanto menjelaskan, bagaimana seseorang menghadapi quarter-life crisis dan juga mempertegas bahwa kesuksesan tidak ada formula, sehingga kita sendiri yang menentukan jalan kesuksesan kita masing-masing.

Diakhir sesi, Novi Rismanto menjelaskan ikagai atau nilai kehidupan. Ikagai menjelaskan tentang bagaimana kita menyiasati hidup agar tetap bahagia di tengah kesesengsaraan atau secara ringkas bagaimana kita menjalani hidup dengan keseimbangan.

Pembicara selanjutnya, Fitria Margaretha yang juga merupakan Vice President Human Resource and General Affair PT Semen Baturaja menjelaskan, mengenai hard skill maupun soft skill yang harus dipersiapkan oleh para mahasiswa maupun para pencari kerja supaya dapat menjadi pelamar kerja yang kompetitif.

Pada sesi kedua ini dijelaskan kriteria calon pegawai yang kompetitif. Seorang pegawai yang kompetitif harus mempunyai soft skill diantara lain adalah dapat memecahkan masalah, dapat berkoordinasi, bernegosiasi, dan memiliki emotional intelligence yang baik. “

Disisi lain, pegawai tersebut juga dituntut untuk memiliki hardskill seperti digital dan IT Skill, kemampuan berbahasa asing, mampu menggunakan sosial media secara bijak, mampu menggagas sebuah desain dengan menarik, mampu menyampaikan gagasan dengan baik di depan umum, dan memiliki pengetahuan dan keterampilam khusus pada bidang tertentu,” jelasnya.

Di sesi ketiga, Junar Asunyi yang merupakan HRGA di SF Group, Alumni Psikologi dari Universitas Pelita Harapan memaparkan dan berbagi pengalaman mengenai persiapan dalam membuat CV mulai dari pemilihan foto, penulisan pengalaman, hingga penulisan kemampuan yang kita miliki dan juga memberikan beberapa tips interview dan tips untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tricky yang kerap ditanyakan pada saat proses interview.

Webinar Youthnificant 2.0 ditutup dengan memberikan challenge kepada peserta untuk menuliskan ilmu apa saja yang telah mereka dapatkan dari webinar ini. Challenge ini dilakukan di platform social media Instagram. Selanjutnya peserta mengisi satisfaction survey dan ditutup dengan foto bersama dengan seluruh pembicara dan peserta yang hadir di zoom meeting. (ade)

Komentar

Berita Lainnya