oleh

AIESEC In UNSRI Ajak Pemuda Tingkatkan Perencanaan Karir Lewat Impact Circle

PALEMBANG – Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2020, total Angka Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Generasi Milenial tahun itu menyentuh 61,96 persen.

Generasi milenial memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, namun banyaknya jumlah mahasiswa yang lulus tidak sebanding dengan kesempatan kerja yang tersedia, sehingga menyebabkan pengangguran tidak bertambah.

COVID-19 juga membuat persaingan di dunia kerja semakin ketat dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia semakin melemah. Maka terkait dengan itu, perencanaan karir yang baik dalam mengasah keterampilan atau keahlian tertentu sangat diperlukan dalam menghadapi masalah ini.

Impact Circle 2.0 AIESEC in UNSRI hadir kembali mengangkat judul ‘#ThisisYOUrFUTURE: Step Up Your Career Plan’ berdasarkan SDG’s No. 8. Tema ini akan dibagi menjadi tiga topik, yaitu First Jump INTO Career Preparation Journey, What If My Job Interest Is NOT My Major , dan HOW To Make a GOOD Curriculum Vitae.

Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemuda dalam merencanakan karir yang mereka inginkan pada waktu yang akan datang, yang dapat dimulai dari mengerti akan pentingnya meningkatkan pengalaman soft skill yang hanya bisa didapatkan dari aktivitas di luar ruang kampus, lebih mengerti minat dan keinginan mereka dalam suatu pekerjaan, dan bagaimana memanfaatkan semua pengalaman yang dimiliki menjadi personal branding melalui Curriculum Vitae (CV) yang menarik dan professional.

Sesi pertama diisi oleh Vina Muliana atau kerap disapa kak Vina. Beliau merupakan Excutive Assistant to Group CEO (MIND ID). Ia juga aktif dalam membantu pemuda serta lulusan baru dalam melulai karier melalui konten yang ia bagikan melalui sosial media seperti Tiktok dan Instagram. Pada sisi ini, Kak Vina mengisi sesi pertama dengan sub-tema ‘First Jump INTO Career Preparation Journey’.

Vina menjelaskan bahwa perencanaan karir harus dimulai sedini mungkin sehingga dapat mempermudah langka yang akan diambil selanjutnya.

Selain itu, Ia juga menegaskan bahwa perlu adanya komunikasi ke ‘diri’ kita sendiri, sehingga kita dapat dengan jelas mengetahui minat dan bakat yang kita miliki. Hal tersebut bukanlah hal yang mudah, namun ia berpesan lakukan terus menerus sampai menemukan jawaban dari your big why.

Sesi kedua diisi oleh Diella Amanda atau yang kerap disapa kak Diella. Ia merupakan Marketing Internship at L’Oréal Indonesia. Pada Impact Circle 2.0 ini mengisi sub-tema ‘What If My Job Interest Is NOT My Major’.

Hal tersebut selaras dengan latar belakang yang ia miliki. Kak Diella mengenyam pendidikan Hubungan Internasional namun ia banting setir kedunia marketing. Ia menuturkan bahwa ‘Major affect but don’t dictate your future’.

Sesi terakhir diisi oleh Emeralda Puspa. Kak Emeralda saat ini bekerja di JAPFA sebagai Coorporate HR Experience. Selain itu, ia juga merupakan seorang mentor di AKSEL, membantu generasi muda Indonesia di bidang : pengembangan diri, eksplorasi karir, dan persiapan karir.

Selaras denga apa yang ia lakukan, pada sesi ini Kak Emeralda mengisi sub-tema ‘HOW To Make a GOOD Curriculum Vitae’. Selain menjelaskan bagaimana cara membuat CV yang ATS Friendly (CV ATS Friendly : CV yang bisa terbaca oleh sistem, sehingga mempunyai peluang untuk lolos ke tahap rekrutmen selanjutnya) Ia juga menjelaskan perbedaan antara CV dan Resume.

Impact Circle 2.0 ditutup dengan mengulas Curriculum Vitae (CV) peserta webinar secara langsung peserta oleh Emeralda Puspa selaku mentor dari Aksel.official. Pembahasan tersebut tak sekedar mengkoreksi, namun pada kesempatan ini.

Dia juga memberikan berbagai tips dan trik untuk membuat CV yang ATS friendly maupun CV yang menggunakan design/template. Selanjutnya peserta mengisi satisfaction survey dan ditutup dengan foto Bersama dengan seluruh pembicara dan peserta yang hadir di zoom meeting.

Mengenai AIESEC in UNSRI
AIESEC merupakan organisasi pemuda internasional yang hadir di lebih dari 126 negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, AIESEC telah berdiri selama lebih dari 30 tahun dan telah tersebar di 26 Universitas. AIESEC in UNSRI sendiri merupakan Local Committe yang anggotanya mencangkup mahasiswa Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Setiap semester, AIESEC in UNSRI mengadakan proyek sosial yang dilaksanakan berdasarkan poin-poin SDGs yang telah ditetapkan oleh PBB. Proyek sosial ini diikuti oleh puluhan mahasiswa asing dari berbagai negara dan juga mahasiswa lokal Palembang dari berbagai Universitas. Setiap proyek sosial berlangsung selama 6 minggu.

Tujuan diadakannya proyek sosial ini sendiri adalah untuk mengembangkan leadership anggota dan juga turut berpartisipasi dalam pembangunan Kota Palembang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai AIESEC in UNSRI silahkan hubungi bagian External Relations AIESEC in UNSRI, Lulu Salsabila, di nomor 085900402989, atau melalui e-mail lulu.salsabila@aiesec.net. (Sya’baniyah Nurita Sari )

Komentar

Berita Lainnya