pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

8 KUD Plasma Sampoerna Agro meraih sertifikat RSPO

38
×

8 KUD Plasma Sampoerna Agro meraih sertifikat RSPO

Sebarkan artikel ini
IMG-20171004-WA0007
pemkab muba

8 KUD Plasma Sampoerna Agro meraih sertifikat RSPO KAYUAGUNG I  Dalam upaya mewujudkan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan (sustainable), PT Sampoerna Agro tidak hanya melakukan sertifikasi RSPO (Roundtable Sustainable on Palm Oil) pada kebun inti dan Pabriknya saja. Hal ini terlihat dari 8 KUD Plasma binaan perusahaan yang mendapatkan serifikasi RSPO. Diketahui pada tahun 2016 sudah ada 3 KUD Plasma bersertifikat RSPO.

Serah terima sertifikat RSPO bagi 8 KUD Plasma ini dilakukan pada Selasa, 3 Oktober 2017 di Kantor Group Belida Sampoerna Agro, Sumatera Selatan.

Selain KUD plasma, dalam kesempatan ini sertifikat juga diterima Kebun inti Belida dan PKS Belida sebagai rantai pasok bersama Plasma tersebut.

Darmadi selaku Ketua Forum Komunikasi KUD Plasma Wilayah II dan Ketua KUD Mulya Jaya Kecamatan Mesuji Raya Sumsel mengungkapkan bahwa pihaknya sempat pesimis karena cukup tingginya prinsip & kriteria yang ditetapkan oleh RSPO.  

Namun, akhirnya mampu meraih predikat sebagai KUD Plasma dengan produk kelapa sawit Lestari.

”Kami sungguh terharu dan bangga atas pecapaian ini. Hal ini tidak terlepas dari pendampingan teknis dari tim pembina plasma Perusahaan Sampoerna Agro. Kedepannya, kami harus lebih konsisten mengimplementasikan standar budidaya perkebunan yang terbaik, termasuk Alat Pelindung Diri (APD) yang terkadang para petani belum terbiasa, hingga penggunaan bahan kimia yang ramah terhadap lingkungan”, imbuhnya.

Selain KUD Mulya Jaya, proses sertifikasi ini juga berhasil diikuti 7 (tujuh) KUD plasma lainnya yang tersebar di 3 (tiga) Kecamatan seperti Mesuji, Mesuji Raya & Mesuji Makmur Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Turut hadir penerima sertfikat secara langsung diantaranya; KUD Rahayu Bakti Desa Sumber Baru, KUD Tekad Mandiri Desa Kemang Indah, KUD Panca Sawit Makmur Desa Balian Makmur, KUD Jaya Bersama Desa Cahaya Mulya, KUD Karya Makmur Desa Sumbu Sari, KUD Mekar Sari Desa Mekarwangi dan KUD Sumber Rejeki Desa Karya Mukti.

Sebagai perusahaan dengan proporsi plasma terbesar yang mencapai lebih dari 40%, Ridwan Sibuea (Region Head Plasma Sampoerna Agro) mengutarakan, bahwa target Perusahaan di tahun 2018-2019 akan ada 20 KUD lagi yang akan bersertifikat RSPO.

“Kami bersama KUD dan Tim Sustainability Perusahaan terus melakukan persiapan dan pendampingan teknis baik penataan administrasi, dokumentasi ataupun infrastruktur khususnya terhadap 12 KUD plasma dengan rantai pasok (supply chain) di PKS Selapan Jaya, termasuk 8 KUD di PKS Permata Bunda yang saat ini masih menunggu hasil final sertifikasi,”kata Ridwan.

Atas pencapaian lebih dari 7 ribu hektar kebun plasma yang berhasil meraih sertifikat RSPO di 2017 ini, Eldi Nuzan (Koordinator GM) melalui R. Suryantopo selaku RH Plantation Support menyampaikan selamat dan harapannya.

”Artinya kemitraan Perusahaan dengan petani plasma sudah terbina dengan baik dan saling menguntungkan, ibarat rumah tangga yang harmonis, agar jangan cerai atau tidak putus hubungannya di tengah jalan. Selamat, KUD Plasma telah memiliki daya saing dengan produk-produk kelapa sawit lainnya di pasar global, semoga semakin dapat meningkatkan kesejahteraan,” pungkasnya.(Romi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *