oleh

504 Mahasiswa Dapat Bantuan Beasiswa dari Pemkab Muba

MUSI BANYUASIN – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mengucurkan bantuan beasiswa untuk mahasiswa asal Kabupaten tersebut. Kali ini, 504 mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan baik S1 maupun S2 menjadi sasaran program ini.

“Mutu pendidikan generasi Muba harus terus ditingkatkan dan disupport, Insha Allah beasiswa ini akan bermanfaat,” ungkap Dodi Reza di sela Penyerahan Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi Jenjang S1 dan S2 yang Berdomisili di Kabupaten Musi Banyuasin di Stable Berkuda,” Rabu (9/9/2020).

Menurut Dodi, pendidikan sangat penting dan menjadi indikator keberhasilan daerah. “Alhamdulillah Pemkab Muba akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk pendidikan anak bangsa khususnya anak-anak di Kabupaten Muba,” terangnya.

Dodi berpesan, agar bantuan beasiswa tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjang proses perkuliahan. “Digunakan untuk beli kuota agar bisa maksimal belajar daring selama masa pandemi ini, intinya dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujarnya.

Dia juga percaya bahwa investasi manusia dari sisi pendidikan, olahraga dan kesehatan akan berhasil baik untuk Kabupaten Muba kedepan di bidang SDM.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Musi Banyuasin, Musni Wijaya, S Sos MSi mengatakan, bahwa tujuan pemberian beasiswa ini ialah sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi mahasiswa asal Kabupaten Musi Banyuasin yang berprestasi. “Selain itu, sebagai upaya mengantisipasi agar tidak terjadi putus kuliah,” ujarnya.

Lebih lanjut kadisdikbud menyampaikan sumber dana beasiswa berasal dari APBD Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2020 sebesar Rp949.500.000 dan dana UPZ Baznas sebesar Rp84juta. “Untuk proses verifikasi berkas melibatkan berbagai unsur meliputi bidang hukum, perguruan tinggi, MUI, pengurus PGRI Musi Banyuasin serta dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin. Dan hanya mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang akan diberikan bantuan,” tegasnya.

Adapun jumlah bantuan yang diberikan yaitu S-1 sebesar Rp 2.000.000 kepada 453 mahasiswa yang berasal dari 39 universitas yang tersebar di seluruh indonesia. Sedangkan untuk tingkat S-2 sebesar Rp 2.500.000,- kepada 51 mahasiswa yang berasal dari 2 universitas. Sehingga total beasiswa yang diberikan sebanyak Rp 1.033.500.000,-.

“Kita perlu memahami bahwa dalam bantuan yang diberikan ini, terkandung makna motivasi dan tanggung jawab. Tanggung jawab disini artinya ialah agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya