oleh

50 Bus Transmusi Bantuan Kementerian Perhubungan Tiba di Palembang

PALEMBANG I Sebanyak 50 unit bus baru transmusi bantuan Kementerian perhubungan telah tiba di pool Transmusi terminal KM 12. Bus-bus tersebut dikirim melalui perjalanan darat dari Kota Malang menuju.

“Setelah melalui perjalan yang jauh bus baru kita sampai juga, dengan adanya bus baru produksi Cina ini akan dapat membantu trasportasi yang ada di palembang,”kata, Direktur Operasional PT SP2J, Antoni Rais, rabu (27/1/2016).

Dijelaskannya, saat ini ke-50 bus tersebut belum dioperasionalkan menunggu serah-terima dari Walikota Palembang ke SP2J yang direncanakan bakal diselenggarakan 22 Februari nanti.

“Sementara itu, kita akan melakukan servise dan perawatan terlebih dahulu, Karena perjalanan jauh, ada satu kipas bus yang rusak dan ac yang kurang dingin, servise dilakukan secara gratis,”kata Antoni.

Untuk mengiperasionalkan ke-50 bus baru ini, pihaknya sudah melakukan perekrutan karyawan baru baik untuk posisi driver maupun konektur. Perekrutan karyawan baru sudah dilaksanakan November lalu dengan dilakukan psikotes dan tes drive.

“Semuanya sudah siap tinggal dipekerjakan saja,Sementata menungu launching yang direncanakan 22 Februari tersebut, pihaknya terlebih dahulu bakal mengurus surat izin lalu lintas dan keperluan lainnya,”kata Antoni.

Ke-50 bus transmusi ini bakal dioperasionalkan di luar kota menggantikan bus yang lama. Masing-masing 40 bus untuk trayek Bukit-Kampus Unsri, 5 Bus ke Tanjung Senai OI dan 5 bus sisanya bakal operasional ke Betung, Banyuasin.

“Untuk bus yang lama, bakal ditambahkan ke dalam kota. Jurusan Palembang-Betung selama ini sudah ada namun sempat vakum. Kita optimalkan lagi trayek yang sudah ada,”katanya.

Untuk operasional bus baru ini, Antoni menyebut bakal menggunakan smart card dalam sistem pembayarannya. pihaknya juga sudah lakukan koordinasi dengan Bank Sumsel Babel dan dan Universitas MDP,kerjasama ini dilakukan untuk pembuatan smart card yang baru.

“Tarifnya untuk luar kota Rp 8500, dalam kota rp 5500, sedangkan untuk pelajaran nantinya akan dikenakan tarif Rp 3000 yang sangat terjangkau, dengan adanya bus ini salah satu upaya dalam menciptkan trasportasi yang nyaman, aman dan terjangkay bagi masyarakat Palembang,”tukasnya. (Supardi)

Komentar

Berita Lainnya