oleh

392 Siswa di Ogan Ilir Ikuti OSN Tingkat SMA

INDERALAYA I Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Ilir (OI) mencatat ada sebanyak 392 siswa yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) se Kabupaten OI Kamis (18/2) kemarin. Seluruh siswa yang mengikuti OSN ini dititikberatkan di SMA I Indralaya Utara.

Kepala Seksi Kurikulum Disdik OI, Marsudi menegaskan bahwa OSN tingkat kabupaten ini diikuti 392 siswa yang berasal dari 33 SMA baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten OI.

“Ada berbagai materi bidang studi yang dilombakan yaitu 9 bidang studi. Untuk jurusan IPA bidang studi fisika, biologi, kimia, matematika. Sementara untuk jurusan IPS bidang diperlombakan yakni bidang studi astronomi, geografi, ekonomi, komputer, dan kebumian,”jelasnya.

Dia melanjutkan bahwa dalam kompetisi ini, pihaknya akan mengambil satu perwakilan yang akan mengikuti lomba OSN tingkat propinsi sekaligus mewakili Kabupaten OI menuju OSN tingkat propinsi yang dilangsungkan pada Maret 2016 mendatang di Palembang.

Untuk selanjutnya, siswa yang berhasil menjadi juara OSN tingkat propinsi akan diikutsertakan pada OSN tingkat nasional yang rencananya akan di gelar juga di Palembang pada Juni 2016 nanti.

“OSN ini merupakan program nasional dan sudah terjadwal setiap tahunnya. Sementara mengenai pesertanya, memang setiap sekolah mengirimkan tiga peserta atau tiga perwakilan dari sekolah masing masing,”tuturnya.

Ditahun 2015 lalu, kata dia, peserta dari Kabupaten OI mampu menyabet juara pertama tingkat propinsi Sumsel sekaligus menjadi perwakilan ‎propinsi untuk mengikuti OSN tingkat nasional.

“Alhamdulillah ditahun 2015 lalu, siswa dari OI akhirnya berhasil mewakili propinsi ke lomba OSN tingkat nasional. Kendati di tingkat nasional peserta yang diikutsertakan belum berhasil, tapi kami sangat bangg memiliki perwakilan yang berkancah ditingkat nasional,”terangnya.

Dia optimsitis ditahun 2016 ini peserta OSN dari OI mampu mengharumkan nama Kabupaten OI, baik tingkat propinsi maupun nasional.

Sementara itu, Kepala Disdik OI Sidharta menambahkan OSN adalah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diperuntukkan bagi para siswa jenjang SD, SMP maupun SMA. Siswa yang mengikuti OSN ini merupakan siswa-siswa yang terbaik dimiliki masing-masing sekolah.

“Ya, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik yang selanjutnya akan dibimbing oleh tim bidang kompetisi masing-masing serta diikutsertakan pada olimpiade tingkat internasional,”jelasnya. (ST)

Komentar

Berita Lainnya