pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

26 Desember Jargas Mulai Mengalir

27
×

26 Desember Jargas Mulai Mengalir

Sebarkan artikel ini
IMG-20191205-WA0018
pemkab muba

PALEMBANG | Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda secara langsung meninjau progres rumah sektor jaringan gas yang ada di Kelurahan Sako yang sudah siap beroprasi.

Dalam kunjunganya kelokasi tersebut ia juga memastikan kondisi di dalam serta bagaimana cara mengobrasikan sistem tersebut sehingga bisa mengaliri 1300 KK yang lokasi tersebut.

Menurut Fitri di Kecamatan sako ada 8 rumah sektor salah satunya di lorong pelita kelurahan sako, tadi saya juga menyempatkan diri untuk singgah masuk kedalam rumah ibu Sopiah untuk melihat secara langsung jaringan gas yang dipasang disana. Alhamdulilah mulai dari depan sudah dipasang meterannya dan didalam juga sudah terpasang kompor gas satu mata.

“Perlu kita ketahui tahun 2019 ini kota Palembang sudah mendapatkan 17 ribu jaringan gas dari bantuan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Artinya melalui pemerintah pusat kota kita sudah diprioritaskan mendapatkan bantuan untuk masyarakat menengah kebawah agar dengan tujuan mempermudah dalam memperoleh gas,” jelasnya kamis (5/12)usai meninjau progres rumah sektor jas alam.

Dalam hal ini juga, Fitri memberikan penjelasan lanjut kepada masyarakat kelurahan sako bahwa untuk tidak mengkhawatirkan dari sisi keamanannya karena Jargas ini lebih aman dibandingkan tabung gas yang ada. Perlu kita ketahui jika pemasangan ini di lakukan secara perbayar maka biaya yang dikenakan sebesar 3-4 juta namun melalui progaram Kementrian ESDM alhamdulilah semua grastis malai dari pemasangannya serta mendapatkan kompor.

“Untuk sistem prabayarnya sendiri sudah diatur dengan sistem token, jadi pemakaiannya sendiri lebih teratur sesuai banyaknya pemakaian yang kita gunakan. Dilain hal, saya mohon kerja samanya kepada masyarakat dan RT untuk bersama-sama menjaga rumah sektor tersebut agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan,” lanjutnya.

Ditempat yang sama Kepala Bagian Administrasi Pembangunan kota Palembang Zuriati menambahkan jika semua pengerjaan ini akan selesai pada 26 desember 2019 serta direncanakan pengaliran Jargas kesetiap rumah yang ada di 18 kecamatan secara serentak.

“Di sektor 4 ini sendiri terbagi dua wilayah dimana setiap sektor bisa menampung seribu lebih Jargas yang siap mengaliri ke rumah,”ujarnya.

Sementara itu Sopiah (65) warga lorong Pelita Kelurahan Sako mengatakan jika proses pemasangan gas ini mulai dari penggalianya sampai masuknya selang kerumah diperkirakan 1 bulan lebih sampai dipasangnya meteranya, namu pengerjanya sendiri serentak dengan selesainya rumah sektro tersebut sampai masuknya aliran gasnya.

“Alhamdulilah kami dak payah lagi nak cari gas sekarang dirumah kami sendiri sudah ada gas alam bantuan dari Kementrian melalui Pemkot Palembang. Ini sangat membantu kami nian masak biso lebih cepet, hemat dan aman tentunya,” tutupnya.(Alam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *