oleh

1 Muharam Momentum Hijrah Memperbaiki Kualitas Hidup

MUBA | Peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriah dapat dijadikan momentum umat memperbaiki kualitas hidup. Semangat hijrah menuju pribadi yang lebih baik hendaknya dapat dipraktekkan masyarakat.

Kepala Desa Sukamaju Ayatullah Komayni, A.Md menyampaikan ajakan tersebut saat memberikan sambutannya dalam momentum peringatan tahun baru Hijriah di Musholah Al-Hakim Komplek Perkantoran Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin. Ahad, (01/09) malam.

“Hijrahnya Nabi dari Mekah ke Madinah merupakan gerakan revolusioner menuju peradaban Islam yang lebih baik dan maju,” kata Pak Kades.

Di Sukamaju, kata Ayatullah, bulan Muharam memiliki nilai tersendiri. Sebab, pada peringatan 1 muharam Desa Sukamaju terus semarakan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang unik dalam peringatan tahun baru Hijriah.

“Pada peringatan 1 Muharam Pemerintah Desa Sukamaju terus peringati dengan berbagai rangkaian yang disebut dengan Gebyar Sukamaju Berkah diantaranya Pawai Islami yang puncaknya pada 22 september mendatang, lomba mewarnai dan fashion show muslimah untuk anak-anak TK/PAUD dan Lomba Pidato, hingga pentas seni yang sedang berlangsung,” tutur Ayatullah.

Kades Sukamaju dalam sambutanya juga ucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara.

“Kepada pengurus mushola kami ucapkan terima kasih telah melaksanakan dan menyemarakan acara ini. Kami mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk Bersatu menuju arah perubahan yang lebih baik lagi dalam mewujudkan Desa Sukamaju yang berkah.”

“Ini adalah salah satu rangkaian peringatan tahun baru Islam yang diadakan di Desa Sukamaju karena masih ada rangkaian acara yang lain dalam semarak tahun baru Islam. Untuk itu kepada masyrakat Desa sukamaju mari semarakan tahun baru Islam dan juga peringatan hari jadi Desa Sukamaju yang ke 70 dengan semangat Hijrah,” tutup Ayatullah.

Hal Senada juga disampaikan Ust. Suhardi S.Pd.I pengisi tausiyah mengajak seluruh masyarakat Desa Sukamaju Hijrah.

“Seperti pada zaman Rasullullah peringatan 1 muharam awalnya ditandai dengan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah,” tuturnya.

Selama di Mekah proses penyebaran ajaran Islam yang dibawa Rasulullah berjalan lamban. Hal tersebut terjadi karena berbagai upaya penghadangan dan gangguan terus dilakukan oleh kaum kafir. Oleh sebab itu, demi tercapainya perubahan serta perkembangan dan kemaslahatan Islam, Allah memerintahkan Nabi untuk berhijrah.

Lanjutnya, Masyarakat Madinah sangat bersyukur dengan hadirnya Rasulullah karena menjadi cahaya perubahan dari zaman jahiliyah menuju zaman islamiyah.

“Untuk itu hijrah harus dimaknai dengan melakukan perubahan dalam kehidupan dengan cara evaluasi diri dan meningkatkan kualitas kehidupan,” ujar Ust.Suhardi.

Ia menambahkan, Dengan ditandai tahun baru Islam mari kita hijrah dari yang belum baik menjadi lebih baik, dari yang belum taat mari tingkatkan ketaqwaan dari yang kufur mari menjadi pribadi yang lebih bersyukur.

Ust. Suhardi juga berpesan untuk menjaga persatuan dan kesatuan sesama umat islam terkhusus di Desa Sukamaju dan sama-sama kita wujudkan desa sukamaju yang lebih berkah.

Supadi Ketua panitia peringatan 1 muharam musholah Al-hakim Kantor Desa Sukamaju mengatakan berkumpulnya kita disini karena nikmat Allah.

“Kita semua berkumpul disini karena nikmat Allah semoga dengan nikmat Islam kita bisa terus merasakan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan,” ujarnya.

Selaku ketua panitia dan pengurus musholah ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan jamaah yang hadir. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada hadirin sekalian, dengan semangat peringatkan 1 muharam mari kita semangat dalam mencari ridho Allah SWT. Kemudian dapat  meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan peringatan 1 muharam mudah-mudahan dapat mewujudkan desa sukamaju yang semakin berkah” tukasnya.(Syaikodir)

Komentar

Berita Lainnya