oleh

Wujudkan Keluarga Sejahtera, Ini Gagasan TP PKK Muara Enim

MUARA ENIM – Kegiatan pelatihan keterampilan produk UP2K yang berlangsung di Aula Sekretariat TP PKK Kabupaten Muara Enim mendatangankan nara sumber dari Rumah kemasan Dinas Perindustrian Provinsi SumSel, Dinas Perdagangan, Pokja II TP PKK Provinsi SumSel yang langsung dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Renny Nasrun Umar yang di ikuti oleh 20 peserta dari Desa desa yang ada di seluruh kecamatan se-Kabupaten Muara Enim, Kamis (03/06/2021)

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK ditingkat rumah tangga menjadi pilihan dan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam menumbuh kembangkan pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan kualitas usaha kelompok UP2K-PKK sehingga dapat dipasarkan lebih luas lagi guna menambah pendapatan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera. Keluarga adalah unit terkecil dalam masayarakat yang terdiri dari suami istri atau suami dan anaknya, atau ayah dan anaknya.

Usaha ekonomi merupakan strategi alternatif pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, oleh karena itu pendekatan berbasis social kemasyarakatan, tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga mencakup pengembangan kemampuan dan keahlian warga desa/kader dan anggota rumah tangga lainnya, khususnya keluarga-keluarga yang telah mempunyai usaha.

Hj Renny mengungkapkan bahwa, Pemberdayaan ekonomi keluarga pada dasarnya adalah agar seluruh anggota keluarga terlibat dalam kegiatan produktif, sehingga bertambah pendapatan keluarga karena masing- masing anggota memberikan sumbangan pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

“Gotong Royong merupakan nilai tradisi bangsa Indonesia, maka pemberdayaan ekonomi keluarga dapat meningkat dan terwujud secara bersama- sama dalam keluarga. Semua usaha ekonomi yang diusahakan baik secara kelompok maupun perorangan, dikelola dalam satu wadah yang disebut kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK. Pada umumnya seluruh daerah mempunyai potensi unggulan untuk dikelola dan diolah menjadi makanan, industry kerajinan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi dengan kualitas dan kuantitas masing-masing wilayahnya,” urainya.

Tambahnya, Kegiatan UP2K PKK telah dapat dirasakan oleh keluarga dan masyarakat didaerah khususnya didesa desa, didalam peningkatan kualitas produk UP2K dengan pengemasan produk yang baik.

Kemudian pemasaran yang baik baik secara langsung ataupun melalui online serta didorong dengan pencatatan administrasi UP2K seperti catatan keuangan yang baik, sehingga produksi yang dihasilkan mampu merubah tingkat ekonomi keluarga melalui kegiatan UP2K ini dapat meningkatkan pendapatan keluarga yang memenuhi kebutuhan hidup yang berkecukupan. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya