oleh

Warga Talang Pipa Kabupaten PALI Terendam Banjir

PALI I Setelah di guyur hujan lebat selama kurang lebih delapan jam, di seluruh Wilayah Bumi Serepat Serasan menyebabkan beberapa titik di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), terendam air. Seperti yang terjadi, di Talang Pipa Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi.

Dari Pantauan di lapangan, tampak ratusan rumah warga Talang Pipa yang terendam air dengan ketinggian air sepinggang orang dewasa, mulai meluapnya air tersebut diperkirakan pukul 4 dini hari. “Subuh tadi air mulai mengenangi kampung kami, akibat ujan dari kemaren hingga larut malam,” kata Boy (45). Kamis (14/1/2016).

BANJIRSementara itu Rusman Firman, Kepala BPBD Kabupaten PALI, mengatakan bahwa sejak ada laporan masyarakat anggotanya langsung terjun kelapangan memantau langsung lokasi dimana terjadinya musiba banjir tersebut. “Sekitar jam 4 subuh kami mendapatkan laporan dari warga setempat, dan memang pada saat kami datang ketinggian air mencapai satu meter lebih, lalu kami turunkan perahu karet untuk segera mengevakuasi warga,” katanya.

Diakuinya bahwa daerah ini merupakan wilayah langganan banjir dan hampir setiap tahunnya di musim penghujan selalu terjadi kebanjiran di Talang Pipa tersebut . “Emang disini (Talang Pipa) sudah biasa banjir, walaupun sungai sudah diperlebar dan  jembatan sudah dibangun, namun banjir masih terjadi. Selain mengevakuasi warga kami juga mendirikan tenda untuk menampung korban,” tambahnya.

Sementara itu, Zulkifli Kadinsos PALI menuturkan bahwa pihaknya bersama Pemerintah setempat langsung membagikan logistik kepada warga yang terkena banjir. “Kami bawa langsung logistik berupa sembako, selimut dan tikar untuk dibagikan kepada korban, dan kami juga akan mendirikan dapur umum,karena diperkirakan air baru surut dua hari kedepan,itupun kalau tidak diguyur hujan lagi,” Pungkasnya. (Aras)

Komentar

Berita Lainnya