oleh

Warga Karya Makmur Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Tanaman Obat dan Pertanian

SARIAGRI – Warga Desa Karya Makmur, Kabupaten Bangka bersama TP PKK Desa Karya Makmur dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Semujur Makmur kembali memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sejumlah tanaman pertanian dan obat-obatan. Seperti jagung, sawi, tomat, jahe merah, lengkuas dan lain-lain.

Ketua KWT Semujur Makmur Milla menjelaskan, pemanfaatan pekarangan rumah itu dalam rangka terus melaksanakan program pemberdayaan masyarakat. Sekaligus memanfaatkan lahan yang ada menjadi lebih produktif.

“Kita tanam sejumlah tanaman seperti sawi, jahe merah, lengkus hingga tanaman lain,” kata dia.

Dijelaskannya, pemanfaatan pekarangan rumah melalui yang biasa disebut Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini merupakan aktualisasi pemanfaatan lahan pekarangan secara optimal dengan maksimalisasi produktivitas lahan lain yang ada di lingkungan untuk pengembangan ketersediaan pangan yang beranekaragam tiap rumah tangga.

Sementara, Kades Karya Makmur Yusni Thamrin mendorong masyarakat desa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis sayuran dan lainnya. “Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kita harus lebih kreatif memanfaatkan potensi yang ada, salah satunya adalah dengan memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayuran yang bisa dijadikan bahan masakan untuk keluarga,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat di wilayah ini bisa makin produktif, khususnya pada masa pandemi Covid-19.

“Terlebih lagi kegiatan ini sangat positif untuk menjaga ketersediaan bahan pangan, minimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing,” katanya. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya