pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Lahat

Warga Gelar Muji Benih, Ini Harapan Wabup Lahat

379
×

Warga Gelar Muji Benih, Ini Harapan Wabup Lahat

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Lahat – Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM memenuhi undangan pesta adat muji benih yang diadakan masyarakat tiga desa, yaitu Desa Kebun Jati, Desa Bintuhan, dan Desa Tanjung Raman yang dipusatkan di Desa Kebun Jati.

Sunirhan selaku Jurai Tue Desa Tanjung Menang, bahwa pesta adat muji benih merupakan acara 10 tahun sekali yang ditandai dengan penyembelihan 1 ekor kerbau.

“Tradisi ini memiliki sejarah panjang yang berusia ratusan tahun. Singkatnya, muji benih ini merupakan bentuk rasa syukur atas pemberian benih oleh puyang Desa Tanjung Menang,” pungkasnya.

Sebagaimana dijelaskan oleh Bastari selaku Kepala Desa Tanjung Raman, bahwa Desa Kebun Jati memang merupakan salah satu desa tertua di Kecamatan Kota Agung. Dimana dulunya bernama Marga Sumbai Besar Suku Kebun Jati.

“Setelah sistem marga ditiadakan, maka Marga Sumbai Besar Suku Kebun Jati terpecah menjadi tiga desa, yakni Desa Kebun Jati, Desa Bintuhan, dan Desa Tanjung Raman,” jelas dia.

Sementara itu, Bupati diwakili oleh Wabup Lahat H. Haryanto berharap, dengan adanya acara ini maka hasil panen masyarakat akan berlimpah.

“Selain itu juga, di tahun 2024 nanti akan ada beragam bantuan dari Pemkab Lahat, baik itu bibit tanaman, bibit ternak, pupuk, dan lain sebagainya. Manfaatkanlah bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya agar masyarakat kita semakin sejahtera,” ujar Haryanto.

Seusai acara, Wakil Bupati Lahat memberikan bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Desa Kebun Jati. (Sfr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *