oleh

Wakil Walikota Palembang Temukan Saluran Sungai Lebak Keranji Tertutup Bangunan Hotel dan Perumahan

PALEMBANG – Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis (3/2/2022) pagi, menelusuri sepanjang aliran air di Jalan Sungai Item, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat satu Palembang. Lagi lagi Fitri menemukan saluran air yang seharusnya mengalir ke sungai tidak berfungsi dengan baik lantaran tertutup bangunan komersil yakni hotel dan perumahan.

“Tadi kita telusuri sudah kita lihat beberapa permasalahan saluran air, ternyata saluran yang harusnya mengalir ke sungai   tertutup oleh bangunan hotel, perumahan dan permukiman warga,” kata Fitri.

Akibatnya, saluran air yang seharusnya mengalir ke Sungai Lebak Keranji di kawasan itu tersumbat dan air mengalir ke pemukiman warga. Menurut Fitri, terkiat permecahan masalah banjir di kawasan Jalan Sangai Item tersebut, harus ada diskusi.

Baik masayarakat dari warga permukiman itu sendiri serta dari pihak pemilik hotel dan perumahan untuk membuka lahan saluran ke Sungai Lebak Keranji.

Pada intinya, kata Fitri mereka harus ada pertemuan sesama untuk solusi membuka lahan drainase menuju Sungai Lebak Keranji, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan membantu membuatkan saluran. “Jika sudah ada lahannya, biarkan kami yang membantu mengerjakan membuat saluran air ke Sangai Lebak Keranji,” terangnya.

Sebelumnya, Sari warga Jalan Sungai Item ini mengatakan, rumahnya kerap dimasuki banjir hingga mata kaki orang dewasa setelah turunnya hujan lantaran saluran buntu dan lama surutnya. “Saluran airnya buntuk Pak, kalau hujan masuk kerumah bahkan perna sampai betis orang dewasa dan surutnya sampai 3 hari,” singkatnya. (Alam)

Komentar

Berita Lainnya