pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Unit PPA Satreskrim Polrestabes Palembang Ungkap Kasus Perdagangan Bayi

73
×

Unit PPA Satreskrim Polrestabes Palembang Ungkap Kasus Perdagangan Bayi

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Palembang l Kasus penjualan bayi yang diungkap Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polrestabes Palembang dua hari lalu. Dalam kasus ini polisi sudah menetapkan empat orang sebagai tersangka yakni Anita (ibu kandung bayi), Nazori alias Gatot, Rohimah alias Iim dan Putri Anggraini.

Diketahui bayi dijual seharga Rp 7 juta melalui perantara kepada Pasutri yang tidak memiliki keturunan di Kabupaten OKU Selatan. Sang bayi saat ini dalam keadaan sehat masih berada di Unit PPA Polrestabes Palembang.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra. SIK Bersama Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi. SH mengatakan, bahwa kasus penjualan bayi ini terungkap berawal dari laporan ayah kandung bayi itu sendiri bahwa anaknya dijual oleh istrinya. Dari laporan inilah anggota Satreskrim melakukan penyelidikan dan menelusuri sehingga ditemukan pembeli bayi di Kabupaten OKU Selatan. Pembeli bayi adalah pasangan suami istri yang tidak memiliki anak.

Unit PPA Satreskrim Polrestabes Palembang Ungkap Kasus Perdagangan Bayi
Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra. SIK Bersama Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi. SH, (Foto: Abdussalam).

” Motif orang tua bayi menjual bayinya masih didalami. Kalau motif ekonomi belum bisa dipastikan tidak karena ayah kandung bayi memiliki pekerjaan sebagai wiraswasta. Bayi dijual 7 juta melalui perantara masing masing perantara dapat 500 ribu ibu bayi menerima 6 enam juta,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (29/10/2021).

Sementara itu Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Kasat Reskrim Kompol Tri Wahyudi. SH menambahkan, kedua orang tua bayi merupakan pasangan suami istri yang menikah sirih. Bayi dijual melalui perantara kepada pasangan suami istri yang tidak memiliki anak di Kabupaten OKU Selatan saat bayi sudah berada di Palembang.

” Kemarin sore bayi atas perintah Kapolda Sumsel sudah dibawa ke rumah sakit Bhayangkara untuk diperiksa kesehatannya. Alhamdulillah keadaan bayi sehat, kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menjaga sang bayi,” bebernya.

Dikatakan Irvan, dugaan sementara Anita menjual bayinya karena motif ekonomi bisa. Perantara penjual bayi menbujuk sang ibu agar bayi diberikan kepada orang tua yang ekonomi nya lebih berada sehingga masa depannya sang bayi lebih terjamin.

Hal senada, Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi. SH menjelaskan, suami Anita yang juga ayah kandung bayi memang tinggal satu rumah. Sang suami curiga karena anaknya tidak ada dan menanyakan kepada istrinya keberadaan anaknya. Kedua orang tua bayi memang status pernikahan nya menikah sirih.

Terhadap empat orang tersangka ini kami jerat dengan pasal 76 F Jo pasal 83 UU RI No 35 tahun 2014 tentang perdagangan manusia dengan ancaman hukuman paling singkat tiga tahun dan paling lama 15 tahun penjara.

” Untuk keempat tersangka ini dikenakan ancaman minimal hukuman tiga tahun penjara,” pungkasnya. (Abdus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *