pemkab muba pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Tumpah Ruah Ribuan Warga Ramaikan Karnaval Budaya di OKI

23
×

Tumpah Ruah Ribuan Warga Ramaikan Karnaval Budaya di OKI

Sebarkan artikel ini
IMG-20190819-WA0059
pemkab muba

Ogan Komering Ilir | Ribuan warga Kota Kayuagung tumpah ruah ke jalan-jalan utama guna menyaksikan karnaval budaya yang digelar pemerintah Kabupaten OKI.

Karnaval budaya yang merupakan event tahunan dalam rangka menyemarakkan HUT ke 74 Republik Indonesia serta menjalin persatuan dan kesatuan warga OKI yang beragam.

“Even tahunan agar masyarakat turut merayakan kemerdekaan serta menguatkan persatuan dalam bingkai NKRI,” Ungkap Sekda OKI, H. Husin, S. Pd yang bertindak sebagai ketua umum panitia peringatan hari-hari besar tahun ini, Senin (19/8). 

Ribuan peserta mulai dari murid TK hingga perguruan tinggi mengikuti acara yang difokuskan Halaman Gedung Kesenian Kayuagung. Tidak hanya pelajar,  karnaval budaya juga diikuti utusan perwakilan etnis dan dan suku bangsa.

Selain menampilkan sejumlah pakaian adat, seragam TNI/Polri, dan dokter, peserta pawai juga menunjukkan kreativitasnya dengan mendaur ulang sejumlah barang bekas seperti kertas koran, botol minuman, dan lainnya untuk dikenakan pada pawai tersebut.

Masing-masing peserta menampilkan kostum yang unik yang sudah dikreasi dan dimodifikasi sehingga mengundang perhatian massa yang memadati Taman Kota Kayuagung.

Arak-arakan yang dimulai pukul 13.30, dengan titik kumpul di Lapangan Segitiga Emas Kayuagung dan berakhir di panggung kehormatan di Halaman Gedung Kesenian. Arak-arakan peserta pawai membuat masyarakat serta pengguna jalan terhibur.

Selain menyemarakkan kemerdekaan, karnaval budaya kuga ditujukan untuk menjaga budaya dan kearifan lokal.

“Kita explore potensi dan budaya daerah untuk jadi hiburan masyarakat untuk menjadi potensi destinasi pariwisata,” Tambah Husin.

Ketua panitia Karnaval Amirudin, S. Sos mengungkap selain sebagai hiburan bagi masyarakat dan menarik minat wisatawan, event itu juga akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.

“Bayangkan berapa besar perputaran uang yang terjadi, berapa banyak sektor usaha yang terbantu. Melalui even ini,” tutupnya.(Romi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *