oleh

TP PKK Perumahan Kebun Bunga Produksi  “ Kue Tempe Mactha”

PALEMBANG | Tim Penggerak PKK Perumahan RSS Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang, bersama dengan Tim Pelaksana Pengabdian masyarakat Universitas Indo Global Mandiri berhasil membuat inovasi cemilan sehat berbasis tempe dengan memproduksi Kue Tempe Mactha. 

Sebagai pengembangan produk inovasi terbaru yang menggunakan tempe sebagai bahan baku dasar. Kehadiran Kue Tempe Mactha ditengah-tengah masyarakat menjadi alternatif cemilan unik yang hadir untuk menggeser pakem dan stigma masyarakat yang kerap kali merepsentasikan tempe sebagai makanan “wong ndeso” serta sebagai upaya mengembangkan  metode baru dalam pengolahan tempe menjadi makanan dengan varian rasa manis dari lelehan coklat dan susu. 

Selain itu, cemilan kue tempe mactha  diperkaya dengan Nilai gizi dan zat kalsium yang sangat tinggi, sehingga bagus sekali untuk pertumbuhan tulang pada anak. 

Ketua TP PKK Kebun Bunga, Ristina, S.Pd mengatakan, program ini adalah tindak lanjut program sosialisasi pengabdian masyarakat stimulus tentang pembuatan kue tempe mactha  pada bulan April kemarin.

“Setelah beberapa kali sosialisasi dan pelatihan yang telah diberikan pada ibu-ibu TP PKK Kebun Bunga oleh tim pelaksana Pegabdian dari Universitas Indo Global Mandiri, maka saya selaku tim mitra sudah  menggalakkan produksi tahap pertama kue tempe mactha untuk langsung diproduksi oleh Ibu-ibu PKK Kebun Bunga,”ujarnya.

Katanya, Pada tahapan produksi ini, ibu-ibu PKK sudah harus bisa mempraktekkan langsung pembuatan kue tempe Matcha,  selanjutnya hasil produksi kue tempe akan langsung dipasarkan pada konsumen sasaran. Pada tahapan Produksi kue tempe Mactha. “Terlihat semua ibu-ibu anggota TP PKK Kebun Bunga antusias dan berpartipasi penuh, mulai dari proses pembuatan kue hingga packaging kue kedalam kemasan,”ungkapnya.

Ketua Tim Pelaksana pengabdian masyarakat stimulus Universitas Indo Global Mandiri, Amaliatulwalidain mengatakan,  Inovasi Produk kue tempe matcha yang diproduksi oleh TP PKK Kebun Bunga, kedepannya bukan hanya sebagai optimalisasi dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan ekonomi kaum perempuan saja, khususnya kaum perempuan sebagai anggota PKK, lebih dari itu, produk Kue Tempe Matcha ini, dapat memberikan sinergisitas pada upaya-upaya  peningkatan- program-program di dalam Dasawisma PKK ataupun turunannya, salah satunya yaitu pada program one village one product yang terdapat dalam POKJA 3 PKK.

“Yaitu program penguatan ekonomi kemasyarakatan dan komunitas  yang berasal dari satu desa, satu kecamatan, satu kelurahan, satu Rt dan Rw melalui penciptaan pada produk-produk orisinal sebagai komoditas unggulan,”jelasnya.(Yulion)

Komentar

Berita Lainnya