oleh

Tol Kramasan Masih Tutup, Pengguna Jalan Tertipu dan Kecewa

Ogan Komering Ilir | Pemberlakuan instruksi penggunaan jalan TOL KAPB (Keramasan) seharusnya sudah mulai dibuka hari ini, Selasa (22/12/2020).

Tapi faktanya, sampai pukul 10.05 WIB banyak warga pengguna jalan TOL Kramasan yang terhenti di depan pintu tersebut. Sejumlah warga merasa tertipu dengan instruksi tersebut.

Sikap itu spontan muncul dari warga setelah mereka melihat pintu TOL Kramasan yang mengarah ke Kayuagung dan Lampung itu masih ditutup dengan marka jalan dan terbelit tali berwarna kuning yang membatasi para pengguna jalan TOL Kramasan.

Permana, salah satu warga Palembang yang ketika itu hendak melintas jalan TOL Kramasan tiba-tiba memutar mobil dan menghentikan tak jauh dari pintu TOL.

Melihat wartawan yang sedang di lokasi, Permana kemudian memberitahu kepada warga lain melalui video layaknya reporter sebuah media televisi. 

Permana secara langsung menyampaikan kepada warga melalui video.

“Bagi warga yang akan melewati TOL Kramasan, saya beritahukan kalau sampai hari ini Selasa tanggal 22 Desember 2020, belum dibuka. Padahal yang kita ketahui melalui informasi di media dan beberapa penunjuk jalan, seharusnya mulai hari ini sudah dibuka,” ujarnya, yang diamini para pengguna jalan lainnya, yang seketika ikut nimbrung.

Terhadap kebijakan itu, Permana mengatakan pemerintah dan pengelola TOL Kramasan agar melakukan koordinasi, sehingga instruksi penggunaan jalan TOL Kramasan yang sudah diberi petunjuk arah tidak membohongi warga,” ujarnya.

Permana menambahkan, kejadian itu sebagai akibat lemahnya koordinasi antara instansi terkait. Oleh sebab itu Permana menegaskan hal ini pihak berwenang harus segera koordinasi agar warga terutama pengguna jalan TOL Kramasan tidak tertipu.

Senada dengan itu, Usman warga pengguna jalan lainnya juga menyoal kebijakan pengguna TOL  Kramasan yang dinilai tidak konsekuen dengan petunjuk arah di beberapa simpang jalan.

“Kalau memang belum berlaku jangan dulu dipasang petunjuk arah kesini. Kalau begini kan kesannya instruksi ini menipu warga. Kalau memang belum bisa difungsikan ya buatlah papan pengumuman misalnya mohon maaf karena ada kendala teknis jalan belum bisa digunakan, gitu kan bisa. Tapi ini tidak ada,” ujar karyawan swasta yang tinggal di Palembang ini.

Melihat kondisi itu, beberapa mobil di depan pintu TOL Kramasan hanya menunggu dan sebagian berputar balik mencari jalan lain.

Sampai berita ini tulis belum ada konfirmasi dari pihak terkait tentang belum berlakunya instruksi penggunaan jalan TOL Kramasan yang seharusnya sudah mulai berlaku hari ini. (Romi)

Komentar

Berita Lainnya