oleh

TNI AL Bantu Evakuasi ABK KLM Anugerah Samudera Pratama di Perairan Teluk Kebat

Babel | Personel Lanal Babel melalui Posmat TNI AL Belinyu menggunakan sarana patroli cepat RHIB Lanal Babel melaksanakan SAR kepada ABK kapal KLM Anugerah Samudera Pratama muatan Karnel sawit yang mengalami kebocoran di perairan  Teluk Kelabat Kec. Belinyu Kab. Bangka, Sabtu, (11/12/2021).

Kronologi kejadian pada hari Jumat tanggal 10 Desember 2021 KLM Anugerah Samudera Pratama berangkat dari Pelabuhan Pangkal Balam tujuan Pelitung Dumai. Sabtu 11 Desember 2021 saat KLM Anugerah Samudera melintas di Utara Pulau Bangka situasi air laut mengalami gelombang yang tinggi diperkirakan 2-3 meter.

Sekitar pukul 01.00 WIB KKM mengetahui jika ada kebocoran di bagian Lambung Kanan dan Haluan Kanan Kiri di akibatkan hantaman gelombang. mengetahui air masuk ke bangunan kapal kemudian KKM memerintahkan ABK untuk mengatasi dengan menghidupkan Pompa sebanyak 6 unit. Karena tumpukan Karnel romboh sehingga membuat Pompa buntu sehingga bekerja tidak maksimal.

Karena situasi penanganan kebocoran yang sudah tidak bisa diatasi KKM laporan ke Nahkoda, Selanjutnya Nahkoda menyampaikan untuk mencari keselamatan akhirnya haluan diarahkan ke Teluk Kelabat untuk mencari titik aman.

Pukul 05.00 WIB KLM Anugerah Samudera tiba titik koordinat 01° 33′ 496″ S – 105° 39′ 309″ E kemudian Nahkoda memerintahkan ABK untuk Lego kapal selanjutnya melaporkan musibah tersebut kepada pihak agen kapal.

Pukul 12.25 WIB Danposmat TNI AL Belinyu mendapatkan informasi dari Syahbandar Belinyu bahwasanya ada kapal yang mengalami kebocoran di sekitar perairan Teluk Kelabat. Selanjutnya Danposmat TNI AL Belinyu melaksanakan koordinasi kepada Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan.

Selanjutnya Danlanal memerintahkan Danposmat Belinyu bersama instansi terkait  untuk bersama-sama melaksanakan pertolongan SAR menuju lokasi mengunakan sarana patroli cepat RHIB Lanal Babel. Setiba di lokasi 6 ABK KLM Anugerah Samudera Pratama di evakuasi ke darat menggunakan RHIB Lanal Babel. 

Danlanal Babel mengatakan Sesuai arahan KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Agar Posal dan Posmat jajaran Lanal Babel bersama instansi terkait memberikan pertolongan kepada pengguna jasa dilaut, terlebih lagi pada kondisi darurat membutuhkan bantuan dan saat ini cuaca ekstrim gelombang tinggi. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya