oleh

Tinjau Lokasi Kebakaran di Desa Cinta Kasih, Bupati Muara Enim Ingatkan Warga

MUARA ENIM | Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah SH meninjau lokasi kebakaran di Desa Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan usai menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutla di Kebun Raya Sriwijaya, Rabu (1/7/2020).

Kepada warga yang berada di sekitar lokasi kebakaran, Juarsah mengingatkan agar warga selalu berhati-hati dan waspada akan bahaya kebakaran ini. Terlebih ke depan pada bulan Juli hingga Agustus diperkirakan akan memasuki musim kemarau sehingga rentan sekali dengan kebakaran, baik kebakaran permukiman maupun lahan hutan atau kebun.

Dia juga mengingatkan agar para pedagang minyak di wilayah Kabupaten Muara Enim ini lebih tertib dan mengharapkan agar aksi penimbunan minyak ilegal ini dapat ditertibkan karena dikhawatirkan membahayakan lingkungan.

Menurutnya, pemerintah tidak melarang masyarakat yang hendak berjualan minyak asal tetap sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Silahkan mengajukan izin sesuai aturan yang berlaku, jadi tidak lagi melanggar hukum. Aalagi lokasinya berada di pemukiman warga, karena berdagang minyak/BBM membutuhkan lokasi khusus. Kalau di tengah pemukiman seperti ini jelas berbahaya,” katanya.

Lebih jelas, dia menuturkan bahwa aturan ini tertuang dalam Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas bumi (BPH Migas) nomor 6 tahun 2015 tentang penyaluran jenis Bahan Bakar Minyak tertentu dan Jenis bahan bakar khusus penugasan pada daerah yang belum terdapat penyalur.

Terkait dengan penyebab kebakaran lanjut Juarsah, Pemkab Muara Enim menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian dalam hal ini Pihak Polres Muara Enim dengan mengedepankan asas praduga tidak bersalah. “Mengenai penyebab kebakaran sudah ditangani kepolisian. Jadi kita tinggal menunggu hasilnya,” ujarnya. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya