oleh

Tingkatkan Kapasitas Pelatih Fisik untuk Tunjang Kemampuan Atlet

BANGKA BELITUNG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora), menggelar Pelatihan bagi Pelatih Fisik Level 1 Tingkat Provinsi Babel tahun 2021.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari dimulai tanggal 25-29 Oktober 2021, bertempat di Hotel Aksi, Desa Kace, Kabupaten Bangka itu, bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Pelatih Olahraga (LP2O LANKOR), dan diikuti sebanyak 50 peserta dari berbagai cabang olahraga (Cabor) yang berasal dari Kabupaten/Kota se-Babel.

Kasi Peningkatan Prestasi Olahraga Disparbudkepora, Kurniawan mewakili Kadis Parbudkepora Babel dalam sambutannya saat pelatihan mengatakan, fisik merupakan elemen penting yang sangat dibutuhkan manusia, karena fisik keterkaitannya dengan kesehatan. Fisik yang terjaga dengan baik dapat meningkatkan kualitas dalam kehidupan.

Menurutnya, para atlet yang ingin berprestasi, fisik adalah faktor utama, seluruh cabang olahraga pasti akan memberikan perhatian lebih kepada atletnya karena fisik terkait dengan kebugaran yang berdampak dengan performa mereka saat bertanding ataupun berlomba.

“Apabila fisik atlet kita bagus pasti hasilnya akan maksimal. Selain fisik, mental juga punya peranan penting bagi diri seorang atlet, karena apabila mental turun maka akan mempengaruhi penurunan fisik, performa dan hasil saat bertanding,” tegasnya.

Dirinya berharap kepada seluruh peserta nantinya akan bertambah wawasan dan pengetahuannya mengenai fisik atlet, serta dapat dipraktekkan langsung kepada atlet-atlet agar dapat meningkatkan performa saat bertanding di even olahraga.

Sementara itu, salah satu narasumber dari LP2O LANKOR Ria Lumintuarso menjelaskan, Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 ini adalah dasar dari pelatihan menuju level 3. Latihan fisik berisikan pengetahuan dasar-dasar yang akan diberikan yaitu terkait pengembangan kondisi fisik seperti kekuatan, kecepatan, daya tahan dan fleksibelitas.

“Kami punya program latihan pelatih, yang pertama adalah apa yang akan dilatih pada setiap cabornya, bagaimana cara melatihnya dan kapan pelatihan itu akan diberikan dan nantinya para peserta harus bisa menjawab semua itu,” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan pelatih fisik level 1 ini para peserta kedepannya akan mendapat kompetensi bagimana nantinya  dapat melatih fisik para atlet di setiap daerah masing-masing.

Kegaiatan Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 tingkat Provinsi Babel ini dihadiri oleh pejabat eselon di lingkungan Disparbudkepora Babel, dan dikuti seluruh para peserta. Sebagai tanda dibukanya pelatihan, Kasi Peningkatan Prestasi Olahraga Disparbudkepora Kurniawan menyematkan pin tanda peserta, sekaligus foto bersama.  (rz)

Komentar

Berita Lainnya