oleh

Tingkatkan Ekonomi, Pemprov Babel Bangun Tempat Pelelangan Ikan

PANGKALPINANG | Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) terus berupaya untuk membenahi infrastruktur di Babel termasuk Pelabuhan Perikanan serta Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Batu Rusa guna meningkatkan ekonomi masyarakat dan daerah.

Hal itu dibahas dalam Rapat Terkait Pembangunan TPI Batu Rusa yang dipimpin langsung oleh Gubernur Erzaldi Rosman, bertempat di Ruang Rapat Gubernur Babel, Senin (01/2/2021)

Dalam arahannya, gubernur yang kerap disapa Bang ER ini meminta kepada peserta rapat agar proses pengerjaan pembangunan TPI Batu Rusa dapat diselesaikan sebagaimana mestinya, mengingat waktunya sangat singkat.

“Saya minta waktu yang singkat ini dapat di pergunakan semaksimal mungkin supaya pembangunan TPI ini tepat waktu,” ujarnya.

Gubernur Erzaldi menyebutkan, banyak manfaat dari pembangunan pelabuhan perikanan ini nantinya, untuk itu tahun 2021 harus di tuntaskan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Dasminto mengatakan, untuk pembangunan pelabuhan perikanan di muara Sungai Batu Rusa akan dibangun dengan model terintegrasi pariwisata.

“Jadi, pelabuhan perikanan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pariwisata bahari karena di sekitar pelabuhan ada pantai yang indah dan Jembatan Emas,” ujar Dasminto.

Selain itu, ditinjau dari segi pelabuhan perikanan, Pemprov. Babel berkeinginan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus peningkatan pendapatan bagi masyarakat.

“Bukan hanya dari sisi perikanannya, tetapi di sini ada sentra-sentra bisnis, karena di gedung utama ada sentra kuliner (foodcourt), sentra perdagangan UMKM, perbankan, aula untuk pesta pernikahan, serta beberapa fasilitas penunjang lainnya,” tegas Dasminto.

Secara rinci Dasminto menuturkan bahwa, di pelabuhan tersebut juga akan dibangun beberapa fasilitas seperti, kantor sentra bisnis, TPI higienis, tempat pengolahan ikan, cold storage, pabrik es, kios-kios, dan fasilitas penunjang lainnya.

“Semua ini kita bangun dengan tujuan ingin membantu para pelaku usaha perikanan, pelaku UMKM, sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah,” pungkasnya. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya