oleh

Tentara “Susupkan” Wayang Kulit ke Sekolah-sekolah

DEMAK | Ada nuansa lain di pelaksanaan TMMD Reguler ke -105 Kodim 0716/Demak di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota. Yakni, komitmen dari TNI setempat untuk memprakarsai kesenian wayang kulit, yang merupakan khasanah budaya asli Indonesia.

Disela-sela kesibukannya bekerja di pekerjaan fisik, beberapa Satgas TMMD blusukan ke sekolah-sekolah dengan membawa beberapa tokoh wayang. Di depan kelas, Sertu Mahmudin, memperkenalkan kesenian wayang kulit tersebut, komplit dengan filosofi dari sejumlah tokoh wayang.

Dengan cara itu, kesenian wayang kulit semakin kenthal di lingkungan anak-anak sekolah di Desa Kalikondang.  Tidak hanya itu, selama pelaksanaan TMMD, babinsa Kalikondang, Serma Samijan, disetiap harinya keliling desa dengan membawa wayang untuk menghibur masyarakat binaannya.

“Semoga kesenian wayang kulit yang merupakan asli budaya bangsa Indonesia ini bisa tetap lestari tidak punah ditelan perkembangan jaman. Untuk itu anak-anak sejak dini mulai ditanamkan,” harap Serma Samijan. (Pendim 0716/Demak)

Komentar

Berita Lainnya