oleh

Tahun Ini, 112 Desa Di Musirawas akan Gelar Pilkades Serentak

MUSIRAWAS – Sebanyak 112 Desa berasal dari 11 Kecamatan Kabupaten Musi Rawas (Mura), segera melangsungkan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak secara manual tahun ini. Hal ini ditunjukkan, dengan telah dikeluarkanya jumlah Daftar Penduduk Pontensial Pemilih Pemilihan (DP4) masing-masing desa oleh Dinas Kependudukam Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mura.

Kepala Disdukcapil Mura, Y Morri melalui kabid Inovasi Pencatatan Sipil, Evi mengatakan, sehubungan dengan segera dilangsungkan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak di 112 Desa dalam Kabupaten Musi Rawas. Pihaknya, selaku mengurusi administrasi kependudukan telah mengeluarkan jumlah DP4, bahwa telah menyerahkan salinan kepada istansi terkait membawahi pemerintahan desa.

Penyerahan DP4 sendiri, nantinya dijadikan rujukan mengetahui siapa warga berhak menyalurkan hak suaranya dalam pemilihan yang rencananya bakal digulir april 2021 mendatang. “Sebagai kesiapan Pilkades serentak, kita Dukcapil telah mengeluarkan dan menyerahkan DP4 yakni Daftar Penduduk Pontensial Pemilih Pemilihan. Ya, dengan telah dikeluarkan. Masing-masing, desa nantinya diselengarakan Pilkades sudah bisa menyiapkan kesiapan adminsitrasi, terutama untuk berapa banyak surat suara pilkades untuk dicetak, maupun kesiapan lainya,”bebernya.

lebig jauh, Evi mengungkapkan bahwa selama ini Disdukcapil telah melakukan pendataan, bahkan telah mencetak yakni sebagai bukti administrasi berupa Kartu Keluarga (Kk) maupun tanda Kartu Kepndudukan (KTP).

“Sesuai dengan aturan, bagi warga nantinya mau menyalurkan hak suaranya. Biasanya, jika pilkades dilakukan secara manual. Warga didata, melalui KK. Kemudian, ketika hendak memilih membawah KTP elektronik. Kesemuanya itu, kita Dukcapil sudah memberikan pelayanan adminduk tersebut,” tandasnya.

Adapun untuk uraian jumlah DP4 masing-masing 112 Desa menyelengarakan Pilkades diantaranya, untuk Desa di Kecamatan Muara Beliti ada dua desa menyelengarakan Pilkades, Desa Muara Beliti Baru DP4 nya sebanyak 1.451 orang dengan rician 721 Laki-laki dan 730  perempuan. Kemudian Desa Suro sebanyak 2.551 orang yakni 1.297 orang laki-laki dan 1.254 orang perempuan.

Begitupun untuk kecamatan lainya, Kecamatan Tugumulyo 13 Desa disana pilkades. Dengan rincian masing-masing Desa rata jumlah DP4 sekitar 2. 500 sampai 3.109 orang. Kemudian untuk puluhan Desa lainya rata-rata jumlah DP4 ada dari 388 orang sampai dengan 3. 112 orang,” tukasnya. (NURDIN)

Komentar

Berita Lainnya