oleh

Syahril : Guru Ujung Tombak Pendidikan

UPACARA-HARDIKNASEMPAT LAWANG I Pemerintah Kabupaten Empat Lawang menggelar upacara bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di halaman Kantor Bupati Empat Lawang, Senin (2/5). Peserta upacara diikuti guru, siswa SD hingga SMA dan PNS di lingkungan Pemkab Empat Lawang. Upacara Hardiknas dipimpin langsung Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah.

Dalam pidatonyo, Syahril menuturkan, upacara bendera Hardiknas tidak hanya seremonial belaka. “Yang paling penting adalah bagaimana peserta upacara bendera dapat menghayati makna perjuangan Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara, untuk direalisasikan dalam praktek dunia pendidikan,” kata Syahril

Ketua PGRI Kabupaten Empat Lawang ini menyebut, guru sebagai insan pendidikan berperan sebagai ujung tombak pendidikan di lapangan. Seyogyanya pahlawan pembangun insan cendikia dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap anak bangsa yang sedang mengikuti proses pendidikan.

“Perjuangan guru dalam mencerdaskan anak bangsa tidak akan sia-sia karena jasa para pendidik, anak bangsa menjadi cerdas dan berbudaya. Ujung-ujungnya adalah negara ini akan maju dan setara dengan bangsa lain yang lebih duluan maju,” pungkasnya

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Empat Lawang, Agusni Effendi mengatakan, dengan Hardiknas diharapkan dunia pendidikan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati semakin maju.

“Bisa menciptakan generasi penerus bangsa yang baik dan berguna untuk Empat Lawang khususnya dan Indonesia umumnya. Nyalakan pelita, terangkan cita-cita,” tukasnya.

Untuk diketahui, dalam upacara tersebut ada tiga guru PNS menerima penghargaan Satyalencana dengan masa kerja 10 sampai 30 tahun. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah. (Ridi)

Komentar

Berita Lainnya