pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Survei Pileg, Prana Putra Sohe Berpeluang Jadi Anggota DPR RI

633
×

Survei Pileg, Prana Putra Sohe Berpeluang Jadi Anggota DPR RI

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Palembang – Caleg PKB SN Prana Putra Sohe (Nanan) yang akan bertarung pada dapil Sumsel 1 sekaligus mantan Walikota Lubuklinggau yang dikenal gemar melakukan blusukan dan pertemuan di masyarakat ini, berhasil menyodok diurutan keempat secara perseorangan.

Demikian juga dalam internal caleg PKB sendiri. Nanan masih tetap unggul dari nama-nama caleg internal PKB yang juga akan maju dalam pemilu legislatif yang akan digelar enam bulan lagi.

Alumni Fisip Unsri ini masih bermodalkan keterkenalan (popularitas) di angka 36% dan tingkat kesukaan (akseptabilitas) 96%. Kondisi popularitas yang belum mencapai angka maksimal tersebut membuat pria yang juga gemar bernyanyi ini masih besar memiliki ruang gerak untuk meningkatkan elektabilitasnya. Apabila dilihat dari trend survei, tingkat popularitas dan akseptabilitas Nanan berbanding lurus (linear) dengan elektabilitasnya.

“Nanan mempunyai popularitas dan akseptabilitasnya memang masih belum maksimal angkanya secara statistik. Namun demikian, elektabilitasnya sudah masuk empat besar dari para caleg DPR RI dapil 1 Sumsel,” kata Direktur eksekutif LKPI Arianto M.I.Kom Pol ketika dibincangi media lewat telepon, Rabu (27/9/2023).

Menurut Arianto, yakni berada di posisi keempat pada pertanyaan terbuka (top of mind) dengan elektabilitas 6,2%. Demikian juga pada pertanyaan semi terbuka dengan menyodorkan semua DCS caleg DPR RI dapil 1, elektabilitas Nanan masih konsisten berada di posisi keempat dengan elektabilitas 7,1%.

“Adapun nama caleg lainnya yang berada di bawah SN Prana Putra Sohe masih harus berjuang keras untuk mendongkrak elektabilitasnya,” ujar dia.

Kuatnya tarikan elektoral SN Prana Putra Sohe terlihat dari figur yang kuat selama dia memimpin Kota Lubuklinggau pada masa kepemimpinannya. Sosok yang perhatian pada rakyat, sudah ada bukti nyata, gemar blusukan, sering melakukan pertemuan tatap muka atau pertemuan umum di masyarakat, mudah ditemui dan visioner merupakan alasan mendasar pemilih menjatuhkan pilihannya pada alumni Fisip Unsri tersebut.

Disamping itu adanya sumbangsih dari dukungan pemilih PKB yang mayoritas ke SN Prana Putra Sohe membuat tambahan elektabilitasnya bisa menyalip nama-nama caleg incumbent DPR RI yang juga akan maju kembali pada pemilu legislatif kedepan. Secara statistik, dengan elektabilitas yang kalau dikonversi dengan hitungan angka pemilih, SN Prana Putra Sohe menempati kursi ke empat (saat survey digelar).

“Temuan ini menjadi indikator bagi caleg DPR RI dapil 1 Sumsel bahwa ada delapan kursi yang disediakan, namun ada satu nama yakni SN Prana Putra Sohe yang mulai merapat elektabilitasnya dan mengancam incumbent DPR RI. Kalau dilihat dari urutan sentiment partai politik, elektabilitas PKB juga cukup baik dan berada diurutan kelima (7,5%). Secara sentiment partai politik, peluang tujuh partai yang berpotensi meloloskan calegnya yakni PDIP, Gerindra, Nasdem, Golkar, PKB, Demokrat dan PAN.

Survei LKPI digelar Agustus akhir dan bulan September 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka yang melibatkan 430 responden yang tersebar secara proporsional di kabupaten dan kota dapil 1 Provinsi Sumatera Selatan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan multistage random sampling dengan selang kepercayaan 95% dan tingkat kesalahan (margin of error) +/-5%. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *