oleh

Sungai Lematang Meluap Satu Rumah Ambruk

Salah satu rumah warga yang roboh akibat meluapnya air sungai lematang. Fhoto : Aras
Salah satu rumah warga yang roboh akibat meluapnya air sungai lematang. Fhoto : Aras

PALI I Intensitas Hujan di Kabupaten PALI yang timnggi membuat  air sungai lematang meluap, sehingga menyebabkan rumah panggung milik, Usman (48) warga Desa Tanah Abang Selatan Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ambruk.

Informasi yang dihimpun dari warga sekitar pukul 17.00WIB rumah milik Umar ambruk, yang tak jauh dari aliran sungai Lematang atau berjarak 50 meter dari ke diamnya.

Beruntung kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa, hanya saja mengalami kerugian materi yang ditaksir mencapai puluhan juta rupiah akibat terjadinya erosi tersebut.

“Rumah milik Usman, roboh sekitar pukul 17.00WIB, penyebab rumah panggung ambruk tanah ter kikis oleh aliran sungai lematang yang meluap dan mengenangi rumah warga,” kata Kepala Desa, Tanah Abang Selatan, Udial Sastra, Rabu (6/1/2016).

Lanjut Udial, waktu terjadi ambruk kondisi rumah dalam keadaan kosong tanpa ada penghuni, sehingga tidak menelan korban jiwa. Namun penghuninya mengalami kerugian materi akibat musiba tersebut.

“Waktu kejadian Usman  sedang berada di sawah, sedangkan anak dan istrinya sedang mandi di sungai, kalau kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 60 juta,” tambanya.

Hingga saat ini, lanjut Udial, belum ada bantuan dari Pemerintah, untuk sementara keluarga Usman tinggal di tempat rumah tetangganya terdekat sembari menunggu perbaikan rumahnya.

“Belum ada bantuan dari pemerintah untuk keluarga Usman, sedangkan untuk tempat tinggalnya Usman sama keluarganya tinggal di rumah tetangganya,” jelas Udial. (Aras)

Komentar

Berita Lainnya