oleh

Sungai Kedukan Palembang Akan Dijadikan Lokasi Wisata

PALEMBANG I  Pemerintah Kota Palembang berencana akan menjadikan kawasan Intake Karang Anyar pusat PDAM Tirta Musi Palembang tepatnya di Sungai Kedukan Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Gandus Palembang sebagai salah satu lokasi wisata, hal ini mengingat kawasan ini dikelilingi
sungai.

“Kita memang berencana akan menjadikan Sungai Kedukan ini sebagai salah satu lokasi wisata. Mengingat sungai ini mengelilingi situs Kerajaan Sriwijaya dan muaranya ini langsung ke Sungai Musi,”kata Walikota Palembang H Harnojoyo, saat menggelar gotong royong kebersihan dalam rangkah Peringatan HUT PDAM Tirta Musi ke-40 Tahun, Minggu (3/4).

Dukanjutkan Harnojoyo, melalui gotong royong ini, kondisi sungai kembali bersih bahkan bisa dilalui perahu. Bahkan, Harnojoyo menyatakan akan menjadikan sungai ini sebagai salah satu lokasi
wisata. Bantaran sungai dengan lebar 32 meter ini akan diperbaiki, sehingga menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin berekreasi dengan suasana alam.

Iapun menyatakan, pengerjaannya akan dilakukan tahun ini juga dan telah disanggupi oleh pihak PDAM Tirta Musi Palembang sebagai pihak yang akan bertanggung jawab dalam pendanaan yang mencapai Rp 300 juta melalui dana CSR.

“Karena sungai ini kan lokasinya dekat dengan lokasi intake Karang Anyar dan diharapkan pula jika sudah tereksplorasi dengan baik, sungai ini dapat menjadi salah satu sumber air baku bagi PDAM,”jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Musi, Cik Mit menyatakan, tahun ini pihaknya memang ingin merayakan ulang tahun dengan tindakan nyata. Sebagai wujud dukungan pada program kebersihan Walikota Palembang itulah yang akhirnya menggerakkan seluruh pegawai PDAM ikut dalam upaya bersih-bersih sungai.

Iapun menyatakan pihaknya siap untuk menjadi penanggung jawab rencana Walikota Palembang untuk menjadikan Sungai Kedukan sebagai lokasi wisata. Bahkan, pihaknya siap menggelontorkan dana sebesar Rp 300 Juta melalui dana Coorporate Social Response (CSR) PDAM Tirta Musi.

“Sungai ini memang cukup sentral bagi PDAM karena merupakan muara air baku kita dari intake Karang Anyar. Sehingga jika dibersihkan jelas air akan menjadi lebih bersih, dan jika selesai menjadi lokasi
rekreasi jelas akan sangat baik,”tukasnya.

Ia mengklaim PDAM akan terus memperbaiki pelayanan sehingga air bersih yang didistribusikan selama ini dapat dinikmati oleh masyarakat palembang, dan pada tahun ini pihkanya akan memasang pelangan baru, sehingga air bersih dapat dinikmati seluruh masyarakat di semua wilayah.

Peringatan yang dihadiri hampir seribu orang itupun tak digelar di bawah tenda, layaknya peringatan ulang tahun pada umumnya. Hampir seluruh orang yang hadir justru menggunakan sepatu boot dan turun ke dalam air Sungai Kedukan yang dipenuhi sampah serta tanaman air.

Tampak Walikota Palembang H Harnojoyo mengajak seluruh relawan, tim Tagana, hingga ratusan pegawai PDAM Tirta Musi Palembang untuk membersihkan Sungai Kedukan yang dipenuhi tanaman air. Akibat banyaknya tanaman itu, airnya tak mengalir dan sungai buatan tersebut tak dapat berfungsi baik mengatasi banjir. (Supardi)

Komentar

Berita Lainnya