pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Spesial, Herman Deru Hingga Ganjar Pranowo Ikut Gotong Royong di Sekanak

130
×

Spesial, Herman Deru Hingga Ganjar Pranowo Ikut Gotong Royong di Sekanak

Sebarkan artikel ini
IMG-20220123-WA0010
pemkab muba

PALEMBANG – Gotong Royong (Goro) ala Walikota Palembang, H Harnojoyo, Minggu (23/1/2022) pagi, di sepanjang Sekanak Lambidaro menjadi gotong royong yang spesial.

Pasalnya gotong royong di kawasan yang akan menjadi spot baru destinasi wisata di kota tertua di Indonesia ini langsung diikuti Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Terlihat di aliran Sungai Sekanak Lambidaro ini Harnojoyo, Herman Deru dan Gubemur Jateng Ganjar Pranowo bersama dalam satu perahu menyusuri Sekanak Lambidaro. “Ini gotong royong spesial, langsung dihadiri sebagai Ketua Kagama yang juga Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar, dan Gubernur kita Herman Deru,” kata Harnojoyo.

Dikatakan Harnojoyo, Sungai Sekanak yang pertama kali menjadi kawasan Goro yang digagasnya tahun 2015 lalu, kini bisa dimanfaatkan warga Kota Palembang untuk spot baru wisata, terlebih tidak lama lagi, Sungai Sekanak yang dulunya menjadi jalur transportasi sungai dan urat nadi perekonomian warga ini, akan kembali dihidupkan sebagaimana mestinya.

“Kita minta masyarakat untuk menjaga sungai ini, pada saatnya nanti akan menjadi jalur transportasi sungai  dan wisata baru di Kota Palembang,” katanya.

Jalan Radial hingga KH Ahmad Dahlan  sebagai etalase kota ini, kata Harnojoyo akan lebih terlihat lebih menarik,  karena keindahannya yang akan ditonjolkan. “Alhamdulilah sekarang wajah Sungai Sekanak sudah bagus,” jelasnya.

Untuk mempromosikan dan menggaung wisata Sekanak Lambidaro ini, kata orang nomor satu di kota Palembang, dalam waktu dekat, Pemkot Palembang akan menggelar festival Sekanak Lambidaro. “29- 30 Januari ini akan ada Festival Sekanak Lambidaro,” ungkapnya.

Untuk menambah kemeriahan Sekanak Lambidaro ini pula, Harnojoyo akan menjadikan kawasan ekonomi terpadu pada setiap akhir pekannya. “Nanti Pedistrian Sudirman yang biasa digelar setiap.malam minggu akan kita pindahkan ke Jalan Radial ini, mulai dari lampu merah simpang empat Palembang Indah Mall (Mal) sampai ke simpang pasar 26 ilir (Mie Celor),” jelasnya.

Diakui Harnojoyo, restorasi Sungai Sekanak Lambidaro memang belum sepenuhnya diselesiakan dari 11 Km baru 2 Km yang selesai dibangun. “Sisanya sembilan kilometer lagi, akan kita kejarkan penyelesaian pengerjaannya,” tegasnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memuji Walikota Palembang H.Harnojoyo yang berhasil membangun spirit warga Palembang dan jajarannya. “Ini suatu spirit yang luar biasa, Gotong royong yang digagas Walikotanya sejak tahun 2015 memberikan hasil yang fositif,” katanya.

Ganjar yang sebelumnya gowes di Kota Palembang ini, sengaja ingin mengikuti gotong royong Harnojoyo, bahkan dirinya mengaku goro yang digalakan di Palembang ini akan diterapkannya di Jawa Tengah. “Jawa Tengah akan belajar nih di Palembang, saya tidak tahu masa lalunya sungai di Palembang yang saya ketahui kondisinya sekarang sangat bagus,” tegasnya.

Kata Ganjar, dirinya sangat mengapresiasi jajaran Pemkot Palembang yang konsentrasi akan merubah wajah sungainya. “Kita pernah buat kongres Sungai berapa tahun lali, dan teman teman dari Palembang paling antusias dan hasilnya bisa terlihat, terlebih bersama balai sungainya ada sekolah dan posko sungai,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Gubernur Sumsel Herman Deru menjelaskan, perubahan sungai yang digagas Harnojoyo patut diapresiasi, tinggal bagaimana menumbuhkan kecintaan warga Palembang mencintai sungai dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya rasa tidak ada yang kurang dan cukup bagus, nah sekarang bagaimana cara menumbuhkan kecintaan warga kita saja akan kebersihan sungai,” jelasnya. (Alam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *