pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Nasional

Serikat Pekerja Kampus Ikut Aksi Peringati May Day

85
×

Serikat Pekerja Kampus Ikut Aksi Peringati May Day

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

BERITAMUSI – Ada yang menarik dari aksi May Day 2024 kali ini. Di antara berbagai gabungan Serikat pekerja industrial dan non industrial yang turun ke bundaran HI, terdapat Serikat pekerja Kampus (SPK). (02/05/2024).
serikat yang diisi oleh dosen dan tenaga kependidikan (tendik) kampus PTN dan PTS seluruh Indonesia ini, yang didirikan tepat 17 Agustus 2023, sebagai wadah para pekerja kampus untuk memperjuangkan kesejahteraan mereka.

Di tengah semakin mahalnya biaya hidup serta semakin menguatnya liberalisasi dunia pendidikan, aspirasi dosen dan tendik pada hari buruh 2024 menjadi menarik untuk diperhatikan. Ketua SPK, Dhia Al Uyun mengungkapkan berdasarkan hasil riset SPK, bahwa masih begitu banyak dosen dan tendik di Indonesia yang dibayar dibawah UMR. Hal yang kemudian membuat kinerja dosen tidak fokus dan optimal dalam mendidik, dan melakukan penelitian. “Maka SPK hadir untuk dapat menjadi perwakilan teman-teman dosen untuk bersuara dan bersikap. Ayo berserikat teman-teman Dosen dan Tendik se-Indonesia!”.

Sebagai suatu permasalahan sistemik, persoalan upah murah bagi pekerja kampus wajib diperhatikan oleh para pengambil kebijakan. Mengingat sentralnya posisi dunia pendidikan dalam pembangunan bangsa. “Kita harus ingat, bahwa pekerja kampus punya peran penting dalam memastikan Indonesia dapat mencapai pembangunan yang optimal, apalagi pemerintah kita punya target untuk mencapai Indonesia emas pada 2045, tepat 100 tahun Indonesia merdeka. Jangan sampai, kita malah sampai pada Indonesia Cemas 2045, Karena tidak sejahteranya pekerja kampus” Tutup sekjen SPK Hariati Sinaga. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *