pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Sedekah Bumi Ala Warga Muba, Doakan Corona Segera Tiada

45
×

Sedekah Bumi Ala Warga Muba, Doakan Corona Segera Tiada

Sebarkan artikel ini
IMG-20210519-WA0022
pemkab muba

MUSI BANYUASIN – Puluhan warga Desa Kertayu Kecamatan Sungai Keruh, Rabu (19/5/2021) berkumpul. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19 serta didampingi Forkopimcam Sungai Keruh, warga tampak menggelar Sedekah Rami (bumi) yang pada kali ini berharap agar virus COVID-19 atau Corona segera tiada.

“Sedekah bumi ini merupakan bagian dari rasa bersyukur masyarakat setempat kepada yang maha kuasa atas rezeki yang telah dilimpahkan pada masyarakat, dan berdoa untuk menjauhkan musibah, memohon kepada Allah SWT agar wabah COVID-19 segera berlalu,” ungkap Camat Sungai Keruh Edi Haryanto SH didampingi oleh Kapolsek Sungai Keruh IPTU Susilo SH dan Kasat Pol PP Muba Haryadi Karim.

Pantauan di lokasi sejak pagi tampak rasa kebersamaan dan kekeluargaan masyarakat desa Kertayu yang disibukkan dengan berbagai persiapan sedekah Rami.

Tak ubah seperti hari raya, setiap rumah bersuka cita membakar lemang dan saling memberi. Meski saat ini sedang dalam Wabah Mendunia yaitu Pandemi COVID-19, masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

“Kami menyambut baik kegiatan adat sedekah rami yang dilaksanakan setiap tahun ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan melestarikan budaya khas Muba,” tambahnya.

Sementara itu, Tarmizi, tokoh masyarakat desa Kertayu mengatakan sedekah rami rutin dilaksanakan sebagai tradisi untuk menghindari balak dan sebagai rasa syukur (berkah) pasca panen. “Sedekah bumi identik dengan lemang, makanan khas terbuat dari ketan yang dibakar menggunakan bambu. Ini tradisi kami turun temurun, sebagai bentuk ucapan syukur atas nikmat Allah terhadap hasil panen,” ujarnya.

Turut hadir dalam Prosesi Sedekah Rami (Bumi) ini, Kepala Desa Kertayu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Masyarakat setempat. (Endang S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *