pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Satgas Karhutla Rentan Terpapar ISPA, Dinkes OKI Gencarkan Layanan Kesehatan

154
×

Satgas Karhutla Rentan Terpapar ISPA, Dinkes OKI Gencarkan Layanan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

OKI – Personel yang tergabung dalam Satgas Karhutla rentan terpapar oleh asap yang berdampak pada terserangnya Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Meski belum ada laporan terhadap personel yang terpapar ISPA, Dinas Kesehatan Kabupaten OKI menggencarkan pelayanan kesehatan kepada personel Satgas dan masyarakat.

“Kita memberikan layanan preventif kepada petugas pemadam karhutla dan masyarakat terdampak seperti pembagian masker, pemberian obat serta vitamin dan penyuluhan kepada masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan SKM M.Kes.

Iwan mengatakan, penyakit yang rentan diderita oleh Satgas Karhutla di musim kemarau yaitu ISPA dan diare.

“Pemeriksaan kesehatan bagi petugas pemadam karhutla dan pemberian obat sesuai keluhan penting ditambah pemberian vitamin untuk menjaga kebugaran,” ujar dia.

Iwan mengatakan, jajaran Puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan diminta untuk berkoordinasi dengan Kapolsek, Danramil dan camat untuk memberi layanan kesehatan kepada Satgas yang sedang bertugas.

Iwan menambah, terdapat trend penurunan kasus ISPA di Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam sepekan terakhir.

“Untuk ISPA terus menurun. Pada tanggal 16 Oktober lalu ada 158 kasus, lalu hari ini 18 Oktober ada 124 kasus. Artinya ada penurunan 34 kasus,” kata Iwan.

Untuk sebaran kasus ISPA per kecamatan per kelompok umur menurut Iwan paling banyak terjadi di Kecamatan Kayuagung.

“Per hari ini kasus ISPA masih tinggi di Kecamatan Kayuagung sebanyak 22 kasus, lalu Kecamatan Tulung Selapan 8 kasus, sementara di kecamatan lain pun ada sedikit,” kata dia.

Meski demikian, jelas Iwan, nakes dan obat-obatan telah disiagakan. (Jang Mat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *