oleh

Rizky Febian Korbankan Pendidikan demi Bermusik hingga Bangun Label Musik

Beritamusi.co.id  –Perjalanan karier penyanyi muda Rizky Febian tak selalu berjalan mulus sesuai harapan. Rizky Febian harus melewati berbagai rintangan sebelum menjadi penyanyi terkenal seperti sekarang. Dikutip dari kanal YouTube CXO Media, Sabtu (24/10/2020), Rizky Febian menceritakan perjalanan kariernya dari mengorbankan pendidikan hingga akhirnya bisa membangun label musik sendiri.

Korbankan pendidikan

Putra pertama komedian Sule itu menghadapi dilema memilih antara pendidikan atau karier.

“Tapi kita enggak pernah tahu ya kehendak yang di atas. Pas mau fokus kuliah, ‘ Kesempurnaan Cinta’ ternyata naik gitu aja. Dan itu bikin aku dilema,” tutur Rizky Febian.

Di satu sisi, dia sangat mengutamakan pendidikan. Di sisi lain menjadi penyanyi adalah cita-cita dirinya sejak dulu. Pada akhirnya, Rizky Febian membulatkan tekad untuk memilih karier sebagai seorang penyanyi.

Alasan pilih berkarier

Rizky Febian berpikir bahwa kesempatan yang ia dapat tak akan datang dua kali, sebab itu dia memilih berkarier.

“Kenapa aku lebih milih nyanyi, menurutku kesempatan enggak akan datang dua kali. Kita bisa memperoleh pendidikan dari mana aja dan kapan aja, kok,” ujar Rizky Febian.

Pelantun lagu “Cuek” itu juga bersyukur orangtuanya tidak pernah memasaksakan kehendak dan memberi kebebasan memilih saat itu.

“Aku juga dibebaskan untuk memilih sama orang tua, mereka enggak pernah maksain gitu,” kata Rizky.

Tidak percaya diri

Rizky Febian mengaku tidak percaya diri ketika mulai menapaki karier di industri musik.

“Yang bikin aku enggak percaya diri adalah orangtuaku semua sinden. Mereka itu punya seni. Kalau lihat mereka nyanyi, aku hanya bisa lihat dari belakang dinding,” ujar Rizky.

Saat itu, Rizky hanya bisa berakting layaknya seorang penyanyi yang mendapat penghargaan di bidang musik.

“Waktu itu aku sering bermimpi, sambil megang botol sama sisir, ceritanya kayak dapat penghargaan gitu, jadi aku speech,” ucapnya.

Motivasi bernyanyi

Setiap orang tentu mempunyai sosok yang membuat dirinya semangat, termasuk juga Rizky Febian. Rizky mengaku, solois Afgansyah Reza punya andil membangun kepercayaan dirinya untuk berani tampil bernyanyi.

“Sampai akhirnya ada momen di mana aku nonton konser. Yang nyanyi Afgan, di stage besar, tiba-tiba hati kecilku bicara, aku harus ada di sana seperti Afgan dan aku aminkan,” ujarnya.

Inspirasi membuat lagu

Belum lama ini, Rizky Febian merilis proyek trilogi musik Garis Cinta, yang terdiri dari singel “Cuek”, “Mantra Cinta”, “Makna Cinta”.

Rizky menceritakan awal mendapatkan inspirasi lagunya ini. Cuek ternyata terinspirasi dari mantan pacarnya.

“Ceritanya, aku lagi video call sama mantan aku. Gimana caranya biar dia bisa tahu kalau aku enggak suka dicuekin ya. Akhirnya aku nyanyi lirik cuek dan hari itu juga lagu cuek itu lahir,” katanya.

Dirikan label sendiri

Rizky mengaku di label yang membesarkan namanya, ia telah menimba banyak ilmu dan pengetahuan tentang musik serta dunia entertainment. Dia kemudian memutuskan keluar dan mendirikan label rekaman dan manajemen artis bernama RFAS.

“Aku mau mengeksplore diriku. Mau menjadi diri sendiri. Hanya itu,” ungkapnya.

“Sebenarnya memang beban (bangun label sendiri), tapi aku enjoy,” lanjut Rizky. (Sumber: kompas.com)

Komentar

Berita Lainnya