oleh

Renungan Suci Bukan Ritualitas tapi Penghormatan Pahlawan

MUARA ENIM – Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar HNU bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim, serta unsur TNI, Polri, ASN dan Pelajar, melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Ksatria Pertiwi, Komplek Rumah Tumbuh Muara Enim, dimana Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari SSos MTr (Han) bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara.

Sebagai bentuk penghormatan atas tanda jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan juga memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 76 Tahun 2021 yang mengusung tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” Selasa (17/8/2021) tepat pukul 00.00 WIB.

Suasana pun langsung hening seketika semua penerangan dipadamkan, kemudian Obor dan lilin pun dinyalakan oleh anggota Pramuka yang menjadikan suasana semakin hikmat.

Prosesi Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, kemudian dilanjutkan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh inspektur upacara, setelah itu mengheningkan cipta dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. Kegiatan Apel ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Usai acara Apel kehormatan Pj Bupati menyampaikan bahwasannya pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 tanggal 17 Agustus 2021 tahun ini.

“Akan menjadi catatan sejarah yang tidak akan pernah terlupakan oleh kita semua, dan pada peringatan tahun ini juga, akan menjadi momentum yang paling diingat oleh kita semua, karena kita melaksanakan HUT Kemerdekaan ditengah cobaan pandemi Covid19,” ujar HNU.

Peringatan HUT RI ke 76 ini bukan hanya kegiatan ritualitas semata, tetapi sebagai bahan renungan atas jasa para pahlawan bangsa Indonesia, dan seluruh element bangsa yang saat ini berjuang melawan Covid-19 khususnya di Muara Enim.

“Saya yakin, kita bisa mengisi kemerdekaan ini dengan kerja dan karya nyata dalam melawan pandemi Covid-19, serta pandemi Covid ini merupakan tanggung jawab kita semua,” tambahnya. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya