oleh

PT PWS Bantah PHK Pekerja, Ini Penjelasannya

MURATARA – PT. Pelita Wira Sejahtera (PWS) sebagai sub kontrator PT. Serelaya Merangin Dua (SRMD) membatah telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sejumlah pekerjanya. Pihak perusahaan menyebut hal ini telah menjadi tanggungjawab dari PT Sinar Bumi Pertiwi yang merupakan rekanan perusahaan yang menyediakan jasa tenaga kerja.

Kuasa Hukum PT PWS, Jilun, SH, MH dalam keterangannya, Kamis (13/1/2021) siang mengungkapkan, semua yang berkaitan dengan tenaga kerja di PT. PWS merupakan kontraktor pemberi kerja kepada PT SBP untuk penyedia jasa tenaga kerja sesuai aturan perundang-undangan.

Manajemen PT PWS ingin meluruskan semua yang berkembang luas selama ini dan menjadi pemberitaan di media yang menyebut pihaknya melakukan PHK kepada pada pekerjanya. “Ini kekeliruan dan pihak perusahaan dirugikan atas penyebaran informasi tersebut. Karena, yang melakukan PHK merupakan PT SBP bukani PT PWS,” tegas Jilun.

Menurutnya, PHK yang dilakukan PT SBP karena berakhirnya kontrak kerja antara pekerja dan pihak perusahaan tersebut. Jadi, bukan PT PWS yang melakukan PHK dan PHK yang terjadi bukan secara sepihak dilakukan PT SBP. Tetapi, karena berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu antara pekerja dan PT SBP.

“Dengan berakhirnya kontrak kerja PKWT tersebut maka PT SBP tidak lagi memperpanjang kontrak tersebut. Sehingga, hubungan kerja antara pekerja dan perusahaan PT SBP berakhir demi hukum,” jelasnya.

Sesuai dengan berita acara yang dikeluarkan, pihak Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara telah dilakukan mediasi bersama. Hasilnya dalam point ke tujuh menjelaskan, PT PWS mendapatkan pekerjaan dari PT SRMD sesuai peraturan perundang-undangan. Sehingga, PT PWS menyerahkan sebagian pekerjaan ke PT SBP untuk penyedia jasa tenaga kerja.

“Jadi, PT PWS tidak melakukan pelanggaran hukum apapun juga. Karena, penyerahan sebagian pekerjaan ke PT SBP sesuai peraturan perundang-undangan dan manajemen perusahaan meminta semua informasi yang salah selama ini dapat diluruskan sesuai fakta hukum yang ada. Dan sekali lagi, PT PWS mengerjakan semua pekerjaan dengan mematuhi sesuai aturan perundang-undangan,” tukasnya. (NURDIN)

Komentar

Berita Lainnya