oleh

PT. BBS Kirim Zirkon ke Pelabuhan Pangkalbalam Diduga Tak Miliki RKAB

PANGKALBALAM – Meski pemerintah pusat tengah memproses pengajuan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) tahun 2022 melalui Kementerian ESDM. Malam ini, Senin (11/4/2022) ada pengiriman ribuan Zirkon dari pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Terpantau sebanyak 70 kontainer berisikan Zirkon masuk pelabuhan Pangkalbalam hendak memuat Zirkon ke dalam kapal KM Sentosa 209 tujuan Sunda Kelapa.

Adapun nama perusahan pengirim (shipper), PT BJL sebanyak 66 kontainer sebagai penerima (consigner) PT. BJL sebanyak 148500 KG. Kemudian PT Bersahaja Berkat Sahabat mengirim ke PT Sibelco Lautan Mineral sebanyak 52.000 KG. Selanjutnya PT Bersahaja Berkat Sahabat mengirim ke PT Tambang Wancheng Indonesia sebanyak 2 kontainer berisi 50.000 KG.

Dikonfirmasi terpisah, Petugas Lala dan Usaha Pelabuhan Pangkalbalam, Ferdi saat dihubungi membenarkan adanya pengiriman Zirkon dari pelabuhan Pangkalbalam.

“Kemarin memang ada kirim zirkon sebanyak 2 kontainer disertai surat dukungan yang masuk dari PT BJL. Tapi kalau malam ini sebanyak 70 kontainer belum tahu saya nanti akan dicek,” katanya, Senin (11/4/2022).

Salah seorang pengusaha membenarkan saat ini belum ada satupun perusahaan yang berani mengirim jika belum keluar RKAB. “Untuk Zirkon tahun ini belum satupun yang keluar RKAB nya. Walau antar daerah pun jika RKAB 2021 belum ke luar atau belum di keluarkan oleh ESDM pusat dak boleh dikirim. Aturan nya jelas,” katanya meminta namanya jangan disebutkan.

Sementara itu, Arbi Leo yang disebut sebagai pemilik/pengirim Zirkon masih dalam upaya konfirmasi. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya