pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Proyek 1,1 Miliar SKB Disdik Bangka Diborong Kontraktor Bernama Sugiarto, Benarkah?

33
×

Proyek 1,1 Miliar SKB Disdik Bangka Diborong Kontraktor Bernama Sugiarto, Benarkah?

Sebarkan artikel ini
IMG-20190924-WA0058
pemkab muba

SUNGAILIAT | Sebanyak 8 paket proyek swakelola (P2S) SKB Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangka disinyalir diborong kontraktor lokal asal Sungailiat bernama Sugiarto atau akrab disapa Rato.

Proyek swakelola SKB Disdik Bangka senilai 1,1 miliar di sub ke kontraktor dengan lokasi yang sama.

“Setahu saya proyek swakelola di SKB itu diborong kontraktor bernama Rato. Semuanya dia lah yang borong, ada juga proyek lelang di SMP Negeri 2 Sungailiat, Rato juga kontraktornya, ” ujar sumber berinisial D saat dibincangi di kantin Pemkab Bangka, Selasa (24/9/2019).

Dikatakan sumber ini, boleh saja pihak Disdik Bangka melakukan metode pelaksanaan proyek dari swakelola ke sub kontraktor.

“Jika pihak penyedia tidak mungkin untuk melaksanakan sendiri proyeknya maka ia boleh men subkan pekerjaan fisik proyek kepada kontraktor tapi dengan syarat ada Surat Perintah Kerja (SPK). Tapi jangan diborong semua oleh satu kontraktor,” imbuhnya.

Dikonfirmasikan terpisah, Sugiarto atau Rato saat didatangi kantornya di Jalan Sudirman depan RSJ tidak ada satupun orang disana. Pintu rukonya tertutup tapi tidak terkunci.

“Memang benar ada pekerjaan swakelola kami di SKB tapi tidak benar semuanya punya pak Sugiarto. Disana ada lima orang yang mengerjakan masing-masing Yongki, Rifin, Yanto dan Acu. Jadi tidak benar kalau kami semua yang borong, ” tegas Ledeng, salah satu orang kepercayaan Rato dihubungi melalui ponselnya, Selasa (24/9/2109).

Ledeng mengklaim kalau pihaknya hanya mengerjakan satu proyek saja di SKB. “Cuma satu paket saja yang kami kerjakan, nilainya cuma 100 an juta lebih. Itu juga progres pekerjaannya baru 30 persen. Kalau pekerjaan proyek di SMP Negeri 2 Sungailiat memang punya kami, ” jelasnya.

Ditemui terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 8 paket proyek swakelola di SKB, Suhartini S. STP, M Si mengatakan kalau dirinya baru empat bulan menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas di Dinas Pendidikan Bangka.

“Saya baru jadi PPK dan baru 4 bulan di Diknas ini menjabat sebagai Kabid Pembinaan Paud dan Dikmas,” kata Suhartini saat ditemui di ruang kerja

nya sembari menyarankan agar awak media menghubungi PPTK pada proyek tersebut.

Ditanya siapa pelaksana atau kontraktor yang mengerjakan proyek, Suhartini mengaku tidak mengetahuinya.

“Saya tidak tahu, sepengetahuam saya yang melaksanakan proyek tersebut adalah pihak sekolah SKB, ” jawabnya.

Terpisah, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Dodi Trisno, SP mengatakan memang benar ada proyek swakelola di SKB. “Jumlahnya ada 8 paket dengan total 1,1 miliar. Ada pekerjaan ruang kelas, jamban dan sanitasi serta ruang guru dan lainnya. Swakelola di SKB menggunakan dana DAK,” kata Dodi yang menjabat Plt Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Paud di Disdik Bangka melalui sambungan telepon, Selasa (24/9/2019).

Anehnya juga, Dodi Trisno juga tidak tahu siapa yang menjadi pelaksana atau kontraktornya. “Kalau soal kontraktornya saya kurang tahu, yang jelas kami serahkan kepada pihak sekolah yang melaksanakan proyek tersebut. Sejauh ini tidak ada masalah, ” jelasnya. (dedi smile)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *