oleh

Propemperda Babel Usulkan 18 Item untuk Tahun 2021

PANGKALPINANG – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nico Plamonia Utama menyebutkan, ada 18 usulan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) yang akan dikerjakan dan diselesaikan pada 2021 mendatang.

Dari 18 usulan Propemperda 2021 ini, dijelaskan dia, ada tiga raperda inisiatif DPRD Babel yang belum selesai di tahun 2020, yakni, tentang percepatan pelaksanaan sistem resi gudang, kepariwasataan, dan peningkatan kualitas anak.

Dia menjelaskan, Raperda tentang percepatan pelaksanaan resi gudang merupakan propemperda di tahun 2018 yang belum terlaksana hingga tahun ini. Namun propemperda itu akan dilanjutkan lagi pada tahun depan.

“Alhamdulillah di masa kerja di 2020 ini, seluruh Propemperda di tahun 2019 itu hampir selesai, hanya yang tidak terlaksana itu yaitu tentang percepatan pelaksanaan sistem resi gudang di tahun 2020, tapi kita teruskan lagi di 2021, kata Nico saat dibincangi wartawan di gedung DRPD Babel, Jumat (11/12/2020).

Sementara, Raperda inisiatif dari eksekutif tentang perubahan kedua atas Perda Babel Nomor 3 tahun 2014 tentang penyertaan modal Pemprov Babel pada Perseroan Terbatas (PT) Bank Pembangunan Daerah Sumsel Babel juga masuk kedalam Propemperda 2021.

Kemudian, propemperda perubahan atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2014 tentang tata ruang wilayah 2014-2023 juga akan dilanjutkan pada tahun depan, raperda ini juga merupakan inisiatif dari pihak eksekutif melalui Dinas PUPR Babel.

“Propemperda ini merupakan pekerjaan besar kita, dikarenakan situasi pandemi Covid-19 sehingga tahun ini tidak terlaksana, jadi dilanjutkan propemperda tahun 2021,” ujarnya.

Selain itu, raperda inisiatif eksekutif lainnya yakni, tentang rencana tata ruang kawasan strategis provinsi kawasan industri dan Pelabuhan Sadai Kabupaten Bangka Selatan, Raperda tentang penyertaan modal Pemprov Babel kepada PT. Bumi Bangka Belitung Sejahtera, dan Raperda tentang penyertaan modal Pemprov Babel ke PT. Jamkrida juga tidak terlaksana di tahun 2020 dan akan dilanjutkan tahun depan. (EDI)

Berikut 18 usulan Propemperda Babel Tahun 2021 :

1. Raperda tentang percepatan pelaksanaan resi gudang.

2. Raperda tentang kepariwisataan.

3. Raperda tentang peningkatan kualitas anak.

4. Raperda tentang perubahan kedua atas Perda Babel Nomor 3 tahun 2014 tentang penyertaan modal Pemprov Babel pada Perseroan Terbatas (PT) Bank Pembangunan Daerah Sumsel Babel .

5. Raperda tentang kearsipan.

6. Raperda tentang rencana induk usaha perikanan budidaya.

7. Raperda tentang pelestarian habitat hayati.

8. Raperda tentang arsitektur bangunan berciri khas melayu.

9. Raperda tentang pemberdayaan pondok pesantren dan sekolah keagamaan.

10. Raperda tentang grand desain pembangunan kependudukan.

11. Raperda tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2014 tentang tata ruang wilayah 2014-2023.

12. Raperda tentang rencana tata ruang kawasan strategis provinsi kawasan industri dan Pelabuhan Sadai Kabupaten Bangka Selatan.

13. Raperda tentang penyertaan modal Pemprov Babel kepada PT. Bumi Bangka Belitung Sejahtera.

14. Raperda tentang penyertaan modal Pemprov Babel ke PT. Jamkrida Babel.

15. Raperda tentang pengelolaan sampah regional.

16. Rapersa Irigasi.

17. Raperda Sempadan Sungai.

18. Raperda tentang rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Komentar

Berita Lainnya