pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Produksi Tidak Sebanding Dengan Kebutuhan Masyarakat, Cik Ujang Berikan 3 Juta Benih Ikan

261
×

Produksi Tidak Sebanding Dengan Kebutuhan Masyarakat, Cik Ujang Berikan 3 Juta Benih Ikan

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Sektor perikanan jadi salah satu Sumber Daya Alam (SDA), yang penting bagi hajat hidup masyarakat, dan juga memiliki potensi sebagai penggerak ekonomi suatu daerah, termasuk Kabupaten Lahat. Namun saat ini, produksi ikan di Kabupaten Lahat tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Bupati Lahat H Cik Ujang SH mengimbau masyarakat untuk dapat merubah mindset dari sebagai konsumen menjadi produsen. Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Lahat yakni dengan memberikan bantuan benih ikan.

Cik Ujang menerangkan, ada sebanyak 3.150.000 ekor benih ikan segar dan pakan ikan sebanyak 42.790.000 kilogram, yang diberikan kepada 208 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan 19 Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), yang tersebar di 24 kecamatan di Kabupaten Lahat.

Bantuan benih ikan yang diberikan tersebut, diantaranya 600 ribu ekor ikan nila, 600 ribu ekor ikan mas, 450 ribu ekor ikan patin, 300 ribu ekor ikan jelawat, 300 ribu ekor ikan gurame, 300 ribu ekor ikan gabus, 450 ribu ekor ikan baung, dan 150 ribu ekor ikan semah.

“Pemkab Lahat saat ini sedang memperkuat pembangunan tak terkecuali bantuan pangan serta ikan, untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat,” ujar Cik Ujang, Selasa (15/8/2023).

Disisi lain, sebagai langkah Pemkab Lahat dalam mewujudkan Surplus ikan ditahun 2024 mendatang. Namun untuk mewujudkannya butuh dukungan seluruh stakeholder.

“Mengelola ikan juga bisa membawa kesuksesan. Yakinlah jika tekun dan rajin maka akan memberikan dampak yang positif, yang menghasilkan nilai jual,” sampai Cik Ujang.

Kepala Dinas Perikanan kabupaten Lahat H Agustia Budiman mengatakan, bantuan benih dan pakan yang diberikan untuk sebanyak 890 para pembudidaya ikan serta 490 para Pengawas lapangan. Hal ini bertujuan agar target Lahat Surplus ikan ditahun 2024 tercapai dan Pokmas masing -masing desa akan diberi bantuan benih dan Pakan.

“Saat ini kebutuhan ikan masyarakat pertahun mencapai 11 Ton sedangkan kemampuan Produksi hanya mencapai 4.500 ton hal inilah yang menjadi dasar Bupati Lahat H Cik Ujang SH membuat gagasan untuk memberikan bantuan benih dan Pakan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu Aristo mewakili Pokdatan mengungkap kan, sangat apresiasi atas langkah dan terobosan yang dilakukan Pemkab Lahat untuk mewujudkan Surplus ikan tahun 2024 mendatang.

“Bantuan benih dan pakan yang dilakukan akan dimanfaatkan sebaik mungkin, agar memberikan dampak positif minimal dapat memenuhi konsumsi ikan didalam keluarga,” tutup Arsito. (Sfr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *