oleh

PPM Basel Dukung Polda Babel Ungkap Oknum Nakal di Balik Tambang di Sukadamai

TOBOALI –  Ormas Pemuda Panca Marga (PPM) Bangka Selatan (Basel) mendukung langkah aparat kepolisian yang akan mengusut oknum yang bermain dalam aktivitas pertambangan timah di perairan Laut Sukadamai Toboali Bangka Selatan.

“Pertama kami ingin menyampaikan apresiasi kepada pihak kepolisian khususnya Bapak Kapolda Babel, Bapak Danlanal Danrem yang turun langsung dalam penertiban TI Sukadamai,” ujar Ketua PPM Basel Norman Adjis, Kamis (8/10).

Kata Norman, apresiasi diberikan sebab para pemimpin dari jajaran penegak hukum di Bangka Belitung dinilai masih peduli dengan persoalan tambang di daerahnya dengan bertindak cepat melakukan penertiban sehingga terselesaikan.

“Pak Kapolda menegaskan akan memproses secara hukum jika ditemukan ada oknum dibalik kegiatan itu. Pak Karo Ops Polda juga mengatakan hal yang sama bahkan mereka sudah menerima laporan adanya dugaan itu,” kata Norman.

Dengan demikian, pihaknya sangat mendukung langkah penindakan hukum dari pihak kepolisian karena bukan rahasia umum lagi dan tidak mungkin tidak dapat pelaku atau oknum dibalik tambang ilegal di Laut Sukadamai.

“Pada prinsipnya kekayaan alam memang harus dimanfaatkan untuk kepentingan negara, daerah, dan kesejahteraan masyarakat. Tapi pengelolaannya yang harus menjadi perhatian terutama dari PT Timah,” sambungnya.

Sekali lagi ia tegaskan PPM mendukung aktivitas pertambangan asal dilakukan secara legal. Hanya saja PT Timah harus memikirkan aspek lain terkhusus bagi nelayan yang terdampak untuk dicarikan solusi bersama-sama. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya